Mandul di Euro 2024, Phil Foden Keluhkan Posisi Bermain

Kamis, 04 Juli 2024 - 21:21 WIB
loading...
Mandul di Euro 2024, Phil Foden Keluhkan Posisi Bermain
Phil Foden mengaku frustrasi karena belum mampu menunjukkan performa terbaik di Piala Eropa 2024. Foto/Reuters
A A A
JERMAN - Pemain Timnas Inggris Phil Foden mengakufrustrasi akibat Piala Eropa 2024 karena tak mampu menunjukkan performa terbaik.

Foden biasanya tampil luar biasa mengawal Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris musim lalu. Di semua kompetisi, dia mencetak 27 gol dan 12 assist dari 53 pertandingan.

Di Liga Inggris, Foden menyumbangkan 19 gol dan delapan assist dalam 35 laga. Pemain jebolan akademi Manchester City itu pun dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris 2023/2024.

Sayangnya, pemain berusia 24 tahun itu tak mampu berbicara banyak di Piala Eropa 2024 bersama The Three Lions -julukan Timnas Inggris. Dia menjadi salah satu pemain yang dikritik dari buruknya performa tim asuhan Gareth Southgate.



Dari empat penampilan, Foden sama sekali belum berkontribusi. Inggris pun harus bersusah payah mengalahkan Slovakia 2-1 di 16 besar Piala Eropa lewat babak perpanjangan waktu dan baru bisa mencetak gol penyeimbang di menit akhir babak kedua setelah Foden ditarik ke luar lapangan.

Foden tak memungkiri sangat frustrasi dengan penampilannya di Piala Eropa 2024. Dia ingin membuktikan diri sebagai pemain terbaik Liga Inggris musim lalu bahwa dia bisa tampil bagus untuk negaranya.

"Saya agak frustrasi, saya tidak akan berbohong. Saya ingin mencoba mencetak gol, mencoba melakukan hal-hal yang lebih baik untuk Inggris dan terkadang itu tidak berhasil, tetapi ini tentang menjaga mentalitas yang baik,” kata Foden dilansir dari Daily Mail, Kamis (4/7/2024).

Salah satu hal yang diduga membuat Foden tampil kurang maksimal dengan Inggris karena posisinya yang ditempatkan di sayap kiri. Dia tak menampik bahwa posisi terbaiknya memang sebagai gelandang serang di lini tengah yang selama musim lalu ditempatinya saat bermain untuk Manchester City.



Namun, posisi itu ditempati oleh Jude Bellingham yang sejauh ini lebih berkontribusi darinya saat berlaga di Piala Eropa 2024. Walaupun begitu, dia menampik anggapan bahwa dirinya dan bintang Real Madrid itu tak bisa dimainkan secara bersamaan.

“Saya telah menunjukkan musim ini untuk City bahwa saya telah bergerak lebih ke tengah dan gol-gol telah meningkat dan saya telah memengaruhi lebih banyak pertandingan. Saya selalu jujur tentang posisi saya dan saya selalu melihat diri saya bermain di lini tengah,” kata pemain dengan 34 caps untuk Inggris tersebut.

Inggris selanjutnya akan melawan Swiss dalam laga babak perempat final Piala Eropa 2024. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung Sabtu (6/7/2024) pukul 23.00 WIB di Dusseldorf Arena, Jerman.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)
pixels