Suporter Euro 2024 Berulah, Total Denda Mencapai Rp22,8 Miliar

Sabtu, 06 Juli 2024 - 00:05 WIB
loading...
Suporter Euro 2024 Berulah, Total Denda Mencapai Rp22,8 Miliar
Beberapa bentrokan dan perilaku yang cukup mengejutkan muncul dari kursi penonton maupun di luar lapangan usai pertandingan Euro 2024. Foto/Givemesports
A A A
JERMAN - Laga Euro 2024 bukan saja mencatat hasil gemilang permainan pesepak bola Eropa, tapi juga ada catatan khusus bagi aksi suporter terburuk.

Kehadiran penggemar Timnas dari berbagai belahan negara Eropa bisa memacu semangat para pemain. Di sisi lain, pertemuan suporter di suatu tempat dalam kondisi stadion yang sesak bisa menggesek emosi.

Beberapa bentrokan dan perilaku yang cukup mengejutkan muncul dari kursi penonton maupun di luar lapangan usai pertandingan. Akibatnya, tim yang berpartisipasi dalam turnamen besar tidak asing lagi dengan denda karena tindakan penggemarnya.

Melansir The Athletic, Jumat (5/7/2024) yang membahas tentang berapa banyak setiap negara telah didenda untuk perilaku penggemarnya sepanjang babak penyisihan grup Euro 2024, dan hasilnya sangat menarik.



Total gabungan denda kepada negara-negara yang berkompetisi di Kejuaraan Eropa itu selama babak penyisihan grup mencapai 1,29 juta Euro atau sekira Rp22,8 miliar. Beberapa negara terkena denda yang jauh lebih besar daripada lainnya.

1. Inggris


Inggris kerap mendapatkan reputasi paling buruk di turnamen seperti Kejuaraan Eropa dan Piala Dunia akibat ulah para suporternya yang berjulukan the Hooligans. Meskipun suporter Inggris bereputasi buruk, mereka sejatinya salah satu kelompok penggemar dengan perilaku terbaik di Euro 2024 sejauh ini menurut laporan tersebut.

Buktinya terlihat dari denda kepada The Three Lions hanya sebesar 12 ribu Euro atau Rp212 juta karena ulah penggemarnya. Besaran ini hanya selisih sekitar 3.000 Euro lebih banyak daripada Skotlandia. Hanya tiga negara yang belum didenda sepeser pun karena perilaku penggemarnya, yaitu Spanyol, Slovakia, dan Prancis.

2. Republik Ceko


Republik Ceko didenda kurang dari 8.000 Euro selama turnamen Euro 2024. Sementara Denmark didenda 10 ribu Euro. Timnas Portugal didenda 14.500 Euro hingga saat ini. Jumlah tersebut kemungkinan bertambah karena Inggris, Prancis, Spanyol, dan Portugal masih dalam kompetisi di babak 16 besar Euro 2024.

3. Belgia dan Jerman


Daftar tadi semakin panjang dengan beberapa tim besar lainnya. Timnas Belgia didenda kurang dari 20 ribu Euro, sementara Belanda didenda sedikit lebih banyak. Ukraina dan Jerman masing-masing harus membayar sekitar 23 ribu Euro atau Rp 405,4 juta untuk ulah penggemarnya. Sedangkan Italia didenda 30 ribu Euro atau sekira Rp 529 juta.

Georgia, Slovenia, dan Polandia melengkapi daftar dengan masing-masing negara didenda 46 ribu Euro, 51,3 ribu Euro, dan 56,4 Euro atau antara Rp 811 juta-Rp 987 juta.


4. Kroasia


Predikat penggemar dengan perilaku terburuk ternyata dipegang oleh Kroasia. Cukup mengejutkan, penggemar Kroasia menjadi paling buruk di Euro 2024. Walhasil, Timnas negara tersebut didenda sebesar 220.875 Euro atau setara Rp3,9 miliar.

Albania, Serbia, Rumania, Austria, dan Hungaria juga berada dalam kelompok tim dengan perilaku terburuk sepanjang Euro 2024 . Keenam negara tersebut telah tersingkir, sehingga mereka mungkin akan turun dari daftar ini seiring berjalannya waktu.

5. Swiss dan Turki


Dua tim di delapan besar dengan penggemar berperilaku terburuk dipegang oleh Swiss dan Turki. Kedua tim masih berlaga di Kejuaraan Eropa saat turnamen berlanjut ke perempat final. Masih ada kemungkinan penggemar kedua tim tersebut membuat mereka dikenakan biaya lebih banyak sebelum turnamen berakhir.

Ulah mereka terlihat barbar seperti suporter Turki melempar botol plastik ke lapangan selama kemenangan mereka atas Austria. Kemungkinan besar mereka akan didenda sedikit lebih banyak sebelum mereka pulang.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)
pixels