Profil Francois Letexier, Wasit Termuda Pimpin Laga Final Euro 2024

Sabtu, 13 Juli 2024 - 06:06 WIB
loading...
Profil Francois Letexier,...
UEFA resmi menunjuk Francois Letexier sebagai wasit yang bakal memimpin laga final Euro 2024, yang mempertemukan Spanyol vs Inggris di Olympiastadion, Senin (15/7/2024) / Foto: Mirror
A A A
Asosiasi Sepak Bola Eropa ( UEFA ) resmi menunjuk Francois Letexier sebagai wasit yang bakal memimpin laga final Euro 2024 , yang mempertemukan Spanyol vs Inggris di Olympiastadion, Senin (15/7/2024). Laga pemungkas ini bisa disaksikan secara live di RCTI pukul 02.00 WIB.

Letexier sejauh ini telah memimpin tiga pertandingan Euro 2024, termasuk kemenangan Spanyol pada babak 16 besar atas Georgia. Wasit berusia 35 tahun itu diketahui pernah memimpin laga terbesar di Eropa dalam 12 bulan terakhir.

Mulai dari Piala Super Eropa 2023, yang mempertemukan Manchester City vs Sevilla. Dia juga pernah menjadi wasit keempat dalam kemenangan final Liga Champions Real Madrid atas Borussia Dortmund. Lantas seperti apa profil dari Letexier?


Profil Francois Letexier

Letexier mulai memimpin Ligue 1. Pertandingan pertamanya sebagai juru pengadil lapangan hijau terjadi pada 23 Januari 2016 antara Montpellier dan Caen.

Setahun kemudian, Letexier dimasukkan dalam daftar wasit FIFA. Dia memimpin pertandingan internasional senior pertamanya pada 23 Maret 2018 antara Bulgaria dan Bosnia dan Herzegovina.

Karier Letexier semakin naik daun hingga memimpin beberapa laga bergengsi. Puncaknya, dia ditunjuk UEFA untuk memimpin laga final Euro 2024.





Letexier menjadi menjadi wasit termuda yang memimpin final Euro 2024. Dia berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang wasit Swedia Anders Frisk (37 tahun) di final Euro 2000. Ia juga menjadi wasit Prancis pertama yang memimpin final turnamen besar sejak Michel Vautrot di final Euro 1988.

Letexier nantinya akan ditemani oleh asisten asal Prancis Cyril Mugnier, Mehdi Rahmouni, dan Szymon Marciniak (Polandia) akan menjadi ofisial keempat.

Peran asisten video wasit diserahkan kepada Jerome Brisard (Prancis) yang akan dibantu oleh Willy Delajod (Prancis) dan didukung oleh Massimiliano Irrati (Italia). Ofisial Polandia Tomasz Listkiewicz akan menjadi asisten wasit cadangan.

UEFA tentunya berharap penunjukan Lexetier akan mengurangi kontroversi dibandingkan dengan Felix Zwayer saat Inggris menang atas Belanda di semifinal.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)