Apakah Piala AFF U-19 Masuk Kalender FIFA?

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:05 WIB
loading...
Apakah Piala AFF U-19...
Apakah Piala AFF U-19 masuk kalender FIFA? Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak penggemar Timnas Indonesia yang merasa penasaran
A A A
Apakah Piala AFF U-19 masuk kalender FIFA? Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak penggemar Timnas Indonesia yang merasa penasaran.

Piala AFF U-19 2024 akan berlangsung pada 17 hingga 29 Juli mendatang. Timnas Indonesia yang berstatus tuan rumah tergabung di Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Sebagai informasi, Piala AFF U-19 merupakan salah satu agenda yang diselenggarakan federasi sepak bola ASEAN (AFF). Turnamen ini diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke tiga grup.



Nantinya, masing-masing juara grup dan satu runner-up terbaik akan lolos ke babak semifinal. Terlepas dari formatnya, apakah Piala AFF U-19 ini masuk kalender FIFA?

Apa Piala AFF U-19 Masuk Kalender FIFA?


Keberadaan turnamen seperti Piala AFF U-19 memang memiliki banyak manfaat, khususnya bagi talenta-talenta muda menjanjikan di masing-masing negara. Bukan hanya memberi jam terbang, namun juga menjadikan para pemain tersebut memperoleh pengalaman berkompetisi.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa Piala AFF U-19 tidak masuk kalender FIFA. Hal ini sebenarnya tak mengejutkan mengingat turnamen Piala AFF yang diperuntukkan untuk timnas level senior juga tidak masuk kalender FIFA.



Berkaitan dengan alasannya, FIFA pernah menyebut tidak menambahkan Piala AFF dalam kalendernya karena gelaran tersebut masih dianggap sebatas pertandingan persahabatan. Bukan hanya jadwal yang belum diakui, bobot poin yang diberikan juga belum memenuhi ketentuan.

Alhasil, turnamen semacam Piala AFF termasuk jenjang U-19 tidak dimasukkan ke dalam kalender FIFA. Namun, layaknya turnamen, masing-masing kontestan memiliki motivasi tersendiri untuk meraih gelarnya.

Jadi, bisa dipahami bahwa Piala AFF U-19 tidak masuk kalender FIFA. Kendati begitu, masih banyak sisi positif yang dapat diambil dari turnamen tersebut, khususnya untuk menempa prospek-prospek pemain muda menjanjikan di masa mendatang.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)