AHRT Debut di Motorcross World Championship 2019 Seri 11

Minggu, 07 Juli 2019 - 09:19 WIB
AHRT Debut di Motorcross World Championship 2019 Seri 11
AHRT Debut di Motorcross World Championship 2019 Seri 11
A A A
PALEMBANG - FIM Motorcross World Championship (MXGP) 2019 seri 11 di Palembang menjadi ajang unjuk gigi Astra Honda Racing Team (AHRT). Secara resmi, tim balap yang dihuni talenta-talenta muda Tanah Air itu melakukan debutnya pada kejuaraan dunia motor cross tersebut. AHRT yang turun di kelas MX2 akan diperkuat Muhammad Delvintor Alfarizi dengan tunggangannya Honda CRF250RW.

Crosser asal Karawang, Jawa Barat itu diharapkan mampu bersaing dengan 71 pembalap dari berbagai negara. Sejauh ini, prestasi yang ditorehkan Delvantor cukup mentereng. Rider berusia 18 tahun itu merupakan juara termuda nasional motor cross 2018 dan menjadi pembalap Indonesia pertama yang menembus kejuaraan dunia junior motor cross 2018.

Di level internasional, Delvintor pernah meraih podium 2 ajang 125cc International Motorcross Wachtebeke Belgia Open; podium 3 Nationale BMB de Axel Belgia Open, dan podium 1 MX2 International Powertrack seri 5 dan podium 2 International Powertrack seri 4.

Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma menyatakan, langkah terjun ke kejuaraan dunia motor cross menjadi bukti dari komitmen Astra Honda Motor (AHM) dalam mendukung pmebalap muda Indonesia untuk berkompetisi di ajang balap nasional maupun internasional. Keikutsertaan ini untuk mengakomodasi talenta-talenta di kejuaraan tersebut.

Inuma mengatakan, debut AHRT di balapan motor cross dimulai dengan ikut serta dalam ajang balap motocross tingkat dunia MXGP di Palembang dan Semarang. Selanjutnya, AHRT pun akan bertanding di berbagai ajang balap motocross sebagai bagian dari proses pembinaan balap.

"Hari ini (kemarin) menjadi babak baru pembinaan AHRT. Ini merupakan komitmen kami untuk membina lebih banyak lagi pembalap Indonesia untuk mewujudkan mimpi tertinggi mereka di berbagai aktivitas balap baik roadrace maupun motocross," jelas Toshiyuki Inuma di sela kejuaraan MXGP Palembang, kemarin. Sebelumnya, pada awal tahun ini, AHRT juga mengumumkan tim balap untuk ajang roadrace.

Tim ini diperkuat sejumlah pembalap muda jebolan Astra Honda Racing School seperti Ahwin Sanjaya, Irfan Ardiansyah, dan Lucky Hendriansya. "Kami menyadari ini bukanlah perjalanan singkat menuju mimpi tertinggi di dunia balap, namun kami yakin banyak potensi pebalap muda Indonesia yang siap berjuang bersama dalam mewujudkan mimpi bersama untuk Indonesia Juara," tambahnya.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan babak baru pembinaan balap motor cross merupakan bukti keseriusan AHM di dunia balap. Tim motor cross yang berada di bawah naungan AHRT diharapkan dapat melanjutkan kiprah kesuksesan pebalap Indonesia di dunia balap yang sebelumnya telah banyak dicetak melalui balapan road race.

“Kami sangat senang dapat memulai pembinaan balap berjenjang baru di balapan motor cross. Kami berharap tim AHRT dapat menjadi wadah dan kesempatan mewujudkan mimpi crosser Indonesia meraih mimpi mereka mengharumkan nama bangsa,” ujar Thomas. Selain tampil di MXGP, lanjut Thomas, Delvintor juga akan ambil bagian dalam kejuaraan nasional (kejurnas).

Sesuai jadwal, kejurnas motor cross akan dihelat sebanyak 6 seri dimana seri pertama akan digelar bersamaan dengan MXGP Semarang, Jawa Tengah pekan depan. Setelah itu, dilanjutkan dengan seri Ciamis, Jawa Barat (31/8), Cirebon, Jawa Barat (14/9), Yogyakarta (5/10), dan ditutup dengan dua seri terakhir yang akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 26-27 Oktober dan 9-10 November 2019.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9565 seconds (0.1#10.140)