Ikut Perangi COVID-19, Bonek Hijrah Lakukan Aksi Bagi Sembako

Jum'at, 01 Mei 2020 - 21:07 WIB
loading...
Ikut Perangi COVID-19, Bonek Hijrah Lakukan Aksi Bagi Sembako
Ikut Perangi COVID-19, Bonek Hijrah Lakukan Aksi Bagi Sembako. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona baru yang mengakibatkan COVID-19 memberikan dampak ekonomi yang cukup luar bagi masyarakat di Tanah Air.

Sejumlah pihak pun telah bahu membahu membantu pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terimbas pandemi Covid-19.

Di samping pihak swasta hingga lembaga kemanusiaan, terdapat juga komunitas suporter sepakbola yang ikut mengulurkan tangannya, salah satunya adalah Bonek Hijrah. Salah satu komunitas suporter Persebaya itu pun melancarkan Gerakan Membagi Sembako atau Wani Gemes.

"Selama bulan Ramadhan ini kami menggelar program Wani Berbagi, yang salah satunya membagikan parsel sembako. Selain untuk Bonek maupun Bonita yang dirumahkan atau diberhentikan dari pekerjaannya, program ini kami tujukan juga kepada fakir miskin, janda, anak yatim dan guru ngaji," ungkap salah satu koordinator Bonek Hijrah, Hadi Subroto saat dihubungi, Jumat (1/5/2020).

Sebagai langkah awal, Bonek Hijrah menargetkan sebanyak 200 paket sembako yang akan dibagikan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bisa menyalurkan lebih banyak paket sembako. "Harapan kami sih bisa lebih banyak lagi, karena sejauh ini sudah sangat banyak yang menghubungi kami untuk memperoleh paket tersebut. Tapi, ini juga bergantung dengan donasi yang kami kumpulkan," kata Hadi.

Pendiri Bonek Hijrah, Achmad Danang Ramdani mengatakan, per paket sembako nilainya sekitar Rp100.000 dengan rincian beras 5kg, minyak goreng 1 liter, mi instan 4 bungkus, gula 1 kg, dan teh/kopi. "Kami juga membuka donasi buat masyarakat yang mungkin ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk mendukung program ini, silakan hubungi kami di 087771781927," jelas dia.

Selain Bonek dan Bonita, kata Dani, program Wani Gemes juga mendapat dukungan dari sejumlah kalangan, seperti Mualaf Center Indonesia dan Vertizone TV. Meskipun begitu, Bonek Hijrah juga membuka pintunya lebar-lebar untuk pihak-pihak lain yang ingin turut membantu program Wani Gemes.

Ikut Perangi COVID-19, Bonek Hijrah Lakukan Aksi Bagi Sembako


Selain menggelar program membagi sembako, Bonek Hijrah juga telah melakukan sejumlah kegiatan sosial lainnya selama pandemi COVID-19. Belum lama ini, bersama Alumni SMA 9 Angkatan 2006 dan Infaqberas Surabaya, Bonek Hijrah menggelar aksi berbagi alat pelindung diri (APD) berupa hazmat dan masker medis untuk RSJ Menur yang merupakan RS rujukan pasien COVID-19.

"Kemudian, membagikan masker nonmedis untuk pedagang di pasar, tukang becak, tukang tambal ban dan petugas parkir di RS Graha Amerta dan RSJ Menur," kata Hadi.

"Sepanjang akhir Maret-akhir April lalu, Bonek Hijrah juga telah menyalurkan 310 nasi bungkus untuk ojek pangkalan, ojek online, tukang pembersih sampah, tukang becak, dll setiap malam jumat pekan kedua dan keempat," kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)