Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 Berlangsung Menawan, Kontingen Indonesia Tampil Elegan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 05:44 WIB
loading...
Opening Ceremony Olimpiade...
Kontingen Indonesia melakukan defile atlet di atas perahu saat opening ceremony Olimpiade Paris 2024 berlangsung. Foto: NOC Indonesia
A A A
PARIS - Upacara pembukaan atau opening ceremony Olimpiade Paris 2024 berlangsung mewah nan menawan di sepanjang Sungai Seine, Paris, Prancis selesai digelar pada Sabtu (27/7/2024) dini hari WIB. Upacara yang juga diwarnai hujan itu menjadi penanda Olimpiade Paris 2024 telah resmi dimulai.

Indonesia sendiri tampil elegan dalam parade atlet yang berlangsung di Sungai Seine. Dengan tampilan beskap denim (laki-laki) dan kebaya kutubaru berwarna merah (perempuan), mereka menyusuri sungai sepanjang 6 km melewati ikon-ikon kota Paris dari timur ke barat.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 dimulai pada pukul 00.30 WIB, dan dibuka dengan sebuah video yang menampilkan legenda sepakbola Prancis, Zinedine Zidane. Dalam video tersebut, Zidane membawa obor Olimpiade dari Stade de France lalu dilanjutkan dengan menembus perkotaan Paris.



Obor tersebut kemudian diberikan kepada seorang anak kecil yang menyusuri sungai menggunakan perahu. Pada akhir video, kemudian sang anak muncul secara langsung di Sungai Seinen sekaligus mengawali defile atau parade atlet Olimpiade Paris 2024 yang diikuti 205 negara NOC.

Parade atlet terbagi dalam beberapa sesi yang menampilkan beberapa ikon kota Paris. Setiap sesi parade atlet pun selalu diselingi dengan berbagai atraksi, pertunjukkan tari, dan penampilan artis di setiap lokasi atau spot ikon kota Paris yang dilewati Sungai Seine.

Menariknya setiap spot memiliki tema yang berbeda untuk dipentaskan atau ditampilkan. Mulai dari tari-tarian dengan tema warna berbeda, atraksi olahraga jalanan, fashion show, hingga penghormatan kepada 10 pahlawan Prancis. Ada pun beberapa artis yang tampil di sesi ini adalah Lady Gaga, Band Metal Godjira, hingga Aya Nakamura.

Parade atlet sendiri diawali oleh Yunani yang kemudian diikuti oleh tim pengungsi. Setelah itu, parade atlet berlangsung berdasarkan alphabet Prancis yang dimulai dengan Afganistan dan kemudian diakhiri oleh Prancis selaku tuan rumah.

Indonesia sendiri tampil pada urutan ke-85 dalam parade atlet ini yang berdampingan dengan India dan Iran dalam satu perahu. Maryam March Maharani, atlet judo yang menjadi pembawa bendera Indonesia tampil dengan anggunnya menggunakan kebaya kutubaru berwarna merah.

Sebanyak 14 atlet dan ofisial Indonesia tampil elegan, namun tetap ceria dan berkali-kali berteriak menyebut nama ‘Indonesia’ di atas perahu. Meski terguyur hujan, hal itu tak menyurutkan semangat atlet dan ofisial Indonesia dalam mengikuti upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)