Cindy Ngamba, Petinju Lesbian yang Gegerkan Olimpiade Paris 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 - 20:01 WIB
loading...
Cindy Ngamba, Petinju...
Cindy Ngamba (kanan) dan pelatihnya. Foto: Bolton News
A A A
Bintang Olimpiade asal Kamerun, Cindy Ngamba, terancam dipenjara jika kembali ke negaranya. Petinju wanita itu terpaksa tampil di Olimpiade Paris 2024 mewakili Federasi Pengungsi (Refugee Olympic Team) lantaran pemerintah Kamerun menolak orientasi seksualnya.

Cindy Ngamba lahir di Kamerun sebelum pindah ke Inggris di usia 11 tahun. Dia sempat bergabung dengan sekolah sepak bola putri sebelum akhirnya menemukan ketertarikan pada olahraga tinju.

Petinju lesbian ini berbicara secara terbuka tentang keputusannya meninggalkan Kamerun karena orientasi seksual ditolak pemerintah Kamerun. Meski berprestasi di level Olimpiade, Cindy Ngamba tetap tidak bisa diterima di kampung halamannya karena penyuka sesama jenis termasuk tindakan kriminal di Kamerun.

"Kamu bisa dibunuh, dipukuli, atau dipenjara. Saya tidak bisa kembali," kata Cindy Ngamba dikutip Express.
Cindy Ngamba, Petinju Lesbian yang Gegerkan Olimpiade Paris 2024



Petinju berusia 26 tahun ini lolos ke Olimpiade pada April 2024 setelah mendapatkan sponsor dari Federasi Pengungsi Olimpiade dalam sebuah acara di Milan, Italia. Karena tidak punya negara yang menaungi, dia terpaksa berlatih di bawah arahan tim Olimpiade Inggris Raya.

"Jika bukan karena dukungan dari orang-orang yang melihat sesuatu dalam diri saya yang tidak saya lihat sendiri... Tidak peduli seberapa keras kamu mencoba, itu adalah orang-orang yang memulai ini untuk saya," pungkasnya.

"Beradaptasi dengan gaya hidup di sini sangat sulit. Kemudian menjadi dewasa dan membutuhkan dokumen untuk melangkah ke tahap berikutnya, membuat kasus saya ke Home Office dan gagal berkali-kali, itu sangat, sangat sulit."
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)