Siapa Yusuf Dikec, Penembak Turki yang Viral di Olimpiade Paris 2024?

Kamis, 01 Agustus 2024 - 18:05 WIB
loading...
Siapa Yusuf Dikec, Penembak...
Siapa Yusuf Dikec, Penembak Turki yang Viral di Olimpiade Paris 2024?
A A A
Penembak pistol asal Turki, Yusuf Dikec, menjadi viral di media sosial karena sikap santainya saat menembak dan meraih medali perak di Olimpiade 2024 . Netizen menyebutnya mantan tentara Turki, tetapi siapa sebenarnya Yusuf Dikec?

Gambar-gambar yang paling banyak dibagikan di media sosial menunjukkan Dikec menembak dengan satu tangan di saku, mengenakan kaus oblong, kacamata biasa, dan ekspresi wajah yang tenang. Dia dianggap seperti orang biasa yang berkompetisi di Olimpiade, netizen bahkan menyebutnya seperti seorang pembunuh bayaran atau tentara.

Namun, Dikec yang berusia 51 tahun bukanlah pendatang baru. Dia telah berkompetisi di setiap edisi Olimpiade sejak tahun 2008. Beberapa meme (gambar atau teks yang menyebar cepat di Internet, red) membandingkan Dikec dengan lawannya dari Serbia, Damir Mikec, yang mengenakan blinder di satu mata, lensa di mata lainnya, dan pelindung telinga berukuran besar.



Dikec dan Sevval Ilayda Tarhan memenangkan medali perak dalam acara menembak pistol udara 10 meter beregu campuran pada hari Selasa. Ini adalah medali pertama Turki dalam cabang menembak di Olimpiade.
Siapa Yusuf Dikec, Penembak Turki yang Viral di Olimpiade Paris 2024?

Mikec dan Zorana Arunovic memenangkan emas untuk Serbia, sementara perunggu diraih oleh Manu Bhaker dan Sarabjot Singh dari India. Tidak seperti Dikec, rekan setimnya Tarhan menggunakan pelindung telinga besar dan visor, serta mengikat rambutnya dengan warna merah dan putih bendera Turki. Dia juga menembak dengan satu tangan di saku.

Dikec menempati posisi ke-13 dalam acara individu dan kini telah selesai berlaga di Olimpiade Paris. Namun, dia sudah menatap ke Olimpiade berikutnya pada tahun 2028. "Saya berharap di Los Angeles (2028, red) nanti bisa meraih medali emas," katanya pada hari Selasa.
Siapa Yusuf Dikec, Penembak Turki yang Viral di Olimpiade Paris 2024?

Yang pasti, Dikec cukup menikmati popularitasnya, dengan memposting ulang kompilasi video meme berbahasa Turki tentang dirinya di halaman Instagram-nya.

SINDOnews menelusuri foto-foto Dikec saat tampil di Olimpiade PAris 2024. Tidak sepenuhnya benar bahwa Dikec tidak mengenakan perlengkapan menembak. Dia menggunakan penutup telinga kuning untuk menghalangi gangguan saat menembak di final. Penutup telinga tersebut tidak terlihat dari sudut gambar yang viral.

Seperti Dikec, penembak senapan asal China, Liu Yukun, memenangkan medali emas pada hari Kamis (1/8/2024) dengan mengenakan penutup telinga tanpa blinder atau visor. Penembak pistol asal Korea Selatan, Kim Yeji, juga mendapatkan pujian di media sosial atas sikap percaya dirinya dan gayanya yang dramatis.

Akun resmi Olimpiade di X (dulu Twitter) memposting pada hari Kamis dengan gambar Kim dan Dikec: "Bintang #shootingsport Olimpiade yang tidak kita tahu kita butuhkan."
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)