Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024, Sabtu (3/8/2024): Peluang Indonesia Rebut Medali

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 20:12 WIB
loading...
Klasemen Medali Olimpiade...
Peluang Indonesia merebut medali di Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Terutama dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis / Foto: Asharq Al-Awsat
A A A
PARIS - Peluang Indonesia merebut medali di Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Terutama dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Satu-satunya wakil Indonesia, yakni Gregoria Mariska Tunjung berhasil menapaki kakinya ke semifinal usai mengalahkan Ratchanok Intanon dua gim langsung 25-23, 21-9 di Arena Porte de La Chapelle, Paris, Prancis, Sabtu (3/8/2024). Keberhasilan ini menumbuhkan asa dan harapan jika cabor bulu tangkis bisa menjaga tradisi medali di Olimpiade.

Akankah tren positif Gregoria berlanjut di semifinal? Masih harus ditunggu. Sebab, Jorji sapaan akrabnya bakal bertemu An Se Young. Di atas kertas, ratu tunggal putri dari Korea Selatan itu belum terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhirnya.



Artinya, ini bukan pekerjaan yang mudah buat Gregoria merebut tiket final Olimpiade Paris 2024. Tapi Jorji tak perlu khawatir, masyarakat Indonesia bakal memberikan dukungan serta doa agar pebulu tangkis berusia 24 tahun itu mampu menjaga tradisi emas cabor bulu tangkis di Olimpiade.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari yang menyaksikan perjuangan Gregoria menghadapi Ratchanok mengucap rasa syukur atas hasil yang diraih.

"Hari ini kita bersyukur Gregoria bisa menang, tapi perjuangan belum selesai. Mohon doa masyarakat Indonesia untuk babak semifinal," papar Raja Sapta Oktohari.


Sebenarnya, hari ada cabor lain yang juga bertanding. Hanya saja, perjalanan Lalu Muhammad Zohri terhenti di Round 1. Bertanding di Stade de France, Paris, Prancis, sprinter Indonesia ini hanya finis di urutan keenam dalam heat 1 setelah mencatatkan waktu 10,26 detik.

Selain dari cabor atletik. Ada wakil Indonesia yang tampil di panahan. Adalah Diananda Choirunisa, yang berhasil mengguratkan tinta emas dalam buku sejarah Olimpiade dengan melangkah ke perempat final nomor individu putri Olimpiade Paris 2024 usai menyingkirkan Bhajan Kaur asal India di babak 16 besar di Invalides dengan skor 6-5 (29-28, 25-27, 28-26, 28-28, 26-27, 9-8). Diananda menjadi pemanah Indonesia pertama dalam sejarah yang mampu menembus perempat final Olimpiade sejak format single elimination diperkenalkan.

Hingga berita ini diturunkan, China masih menduduki posisi teratas dengan torehan 31 medali (13 emas, 9 perak, dan 9 perunggu). Posisi kedua dan ketiga ditempati Australia dan Prancis.

Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024:


Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024, Sabtu (3/8/2024): Peluang Indonesia Rebut Medali
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)