Olimpiade Paris 2024 Berakhir, Rizki Juniansyah Jadi Pembawa Merah Putih di Closing Ceremony

Senin, 12 Agustus 2024 - 06:18 WIB
loading...
Olimpiade Paris 2024...
Rizki Juniansyah jadi pembawa Merah Putih di closing ceremony Olimpiade Paris 2024. Foto: Olympic
A A A
PARIS - Olimpiade Paris 2024 resmi berakhir. Hal itu ditandai dengan digelarnya upacara penutupan atau closing ceremony yang berlangsung di Stade de France, Paris, Prancis pada Senin 12 Agustus 2024 dini hari WIB.

Pada upacara penutupan tersebut, salah satu atlet kebanggaan Indonesia sekaligus peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 tampil sebagai pembawa bendera Merah Putih. Dia adalah Rizki Juniansyah yang mempersembahkan medali emas dari cabang olahraga angkat besi nomor 73 kg putra.

Rizki hadir sebagai pembawa bendera Merah Putih untuk mewakili seluruh atlet Indonesia di closing ceremony Olimpiade Paris 2024. Ia mengenakan jaket seragam tim Indonesia sama seperti yang ia kenakan saat meraih medali emas Olimpiade Paris 2024.



Upacara penutupan dibuka dengan kehadiran perenang kebanggaan tuan rumah sekaligus peraih empat medali emas Olimpiade Paris 2024 yakni Leon Marchand. Ia berada di Jardin des Tuileries, tempat api kaldron utama Olimpiade Paris 2024 berada yang berbentuk balon udara.

Menariknya pada momen ini, api kaldron utama pun langsung dimatikan di awal acara closing ceremony. Namun, Leon membawa api kecil yang diambil dari kaldron utama untuk dibawa ke Stade de France, tempat closing ceremony berlangsung.

Kembali ke Stade de France, parade atlet pun dimulai. Berbeda dari upacara pembukaan, kali ini parade atlet diawali dengan parade bendera dari berbagai negara yang dibawa oleh perwakilan atlet. Indonesia pun diwakili oleh Rizki yang membawa bendera Merah Putih dengan wajah semringah.

Setelah itu, seluruh atlet dari berbagai negara yang masih ada di Paris masuk ke Stade de France. Mereka pun masuk secara berbarengan dan tidak berurutan berdasarkan alfabet nama negara. Semua atlet tampak bahagia dan begitu menikmati di hari terakhir gelaran Olimpiade Paris 2024.

Acara pun berlanjut ke penghargaan medali untuk cabor atletik nomor marathon putri yang digelar di closing ceremony ini. Momen ini menjadi membanggakan bagi sang peraih medali emas, Sifan Hassan dari Belanda, karena mengibarkan bendera sekaligus mengumandangkan lagu kebangsaan di closing ceremony.

Usai itu, panggung utama yang ada di tengah Stade de France menjadi sorotan. Panggung yang berbentuk seperti peta benua dunia itu menampilkan permainan lighting, musik hingga tarian akrobatik bertemakan Olimpiade yang berawal dari Yunani. Setelah itu ada hiburan musik, di mana penampil utamanya adalah band asal Prancis, Air and Phoenix.

Usai penampilan hiburan, prosesi Olimpiade Paris 2024 resmi ditutup pun dimulai. Presiden Komite Olimpiade International, Thomas Bach, memberi sambutan sekaligus menyampaikan bahwa Olimpiade Paris 2024 akan berakhir. Lalu diikuti dengan penurunan bendera Olimpiade.

Setelah diturunkan, bendera Olimpiade dibawa oleh panitia pelaksana Prancis untuk diberikan kepada Presiden IOC yakni Thomas Bach. Bach kemudian menyerahkan tongkat estafet bendera Olimpiade itu kepada tuan rumah berikutnya pada 2028 yakni Los Angeles, Amerika Serikat.

Bendera Amerika Serikat pun dikibarkan bersamaan dengan lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh H.E.R. Hadir pula Tom Cruise yang merupakan aktor kenamaan Amerika Serikat di Stade de France. Ia datang dari atap Stade de France lalu menerima bendera Olimpiade dan secara simbolis dibawa langsung ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Pada momen ini, Los Angeles melakukan siaran langsung untuk menyambut kesiapan mereka menjadi tuan rumah Olimpiade 2028. Ada pun penampilan hiburan dari beberapa artis hollywood tersaji dalam siaran langsung di Los Angeles. Sebut saja seperti Red Hot Chili Peppers, Billie Elish, dan Snoop Dogg.

Di akhir closing ceremony, Leon yang membawa api kecil dari kaldron utama saat awal acara, akhirnya tiba ke Stade de France. Ia membawa api tersebut di hadapan Thomas Bach dan api dimatikan. Pada momen itu, Bach juga menyatakan Olimpiade Paris 2024 resmi ditutup.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)