3 Cabang Penyumbang Medali bagi Indonesia yang Dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028

Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:45 WIB
loading...
3 Cabang Penyumbang...
3 Cabang Penyumbang Medali bagi Indonesia yang Dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia berpotensi besar meraih prestasi di Olimpiade Los Angeles 2028 . Setidaknya terdapat tiga cabang olahraga yang bisa diandalkan mendulang medali di pesta olahraga terbesar itu.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo setelah melihat hasil kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Di ajang tersebut, Indonesia membawa dua medali emas dari cabang panjat tebing dan angkat besi, serta satu medali perunggu dari cabang bulu tangkis.

Ketiga cabang olahraga itu akan menjadi andalan Indonesia untuk mendulang medali pada Olimpiade Los Angeles 2028. Berikut ulasanya.

1. Panjat Tebing

3 Cabang Penyumbang Medali bagi Indonesia yang Dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028

Panjat tebing menjadi cabang andalan baru bagi Indonesia di panggung olahraga dunia, khususnya Olimpiade. Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo menorehkan sejarah dengan merebut medali emas di nomor speed putra Olimpiade Paris 2024. Dia menjadi orang Indonesia pertama yang merebut medali emas Olimpiade dari cabang panjat tebing. Nomor speed menjadi andalan bagi tim panjat tebing Indonesia, dan berpotensi menjadi fokus kontingen Merah Putih di Olimpiade Los Angeles 2028.

2. Angkat Besi

3 Cabang Penyumbang Medali bagi Indonesia yang Dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah meraih medali emas setelah berhasil mencatat total angkatan 354 kg dengan perincian 155 kg angkatan snatch dan 199 kg angkatan clean and jerk di Olimpiade Paris 2024. Ini menjadi medali emas pertama Indonesia sepanjang keikutsertaan Merah Putih di Olimpiade. Pada edisi Olimpiade sebelumnya, Eko Yuli Irawan juga menyumbang perunggu di Beijing 2008 dan London 2012. Dia juga menegaskan kekuatan Indonesia dengan merebut perak di Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020.

3. Bulu Tangkis

3 Cabang Penyumbang Medali bagi Indonesia yang Dipertandingkan di Olimpiade Los Angeles 2028

Bulu tangkis masih menjadi andalan Indonesia dalam merebut medali Olimpiade. Indonesia merupakan negara tersukses kedua di bulu tangkis Olimpiade, di bawah China, dengan torehan 21 medali dari cabang ini dengan rincian 8 emas 6 Perak 7 Perunggu. Medali terakhir didapat Gregoria Mariska Tunjung setelah merebut perunggu di Olimpiade. Sebagai kekuatan yang diperhitungkan, Indonesia masih menaruh harapan besar mendulang medali dari cabang bulu tangkis Olimpiade Los Angeles 2028.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)