Siapa Petinju dengan Pukulan Terkuat di Dunia Menurut Andy Lee?

Rabu, 21 Agustus 2024 - 05:55 WIB
loading...
Siapa Petinju dengan...
Siapa Petinju dengan Pukulan Terkuat di Dunia Menurut Andy Lee?/Premier Boxing Champions
A A A
Siapa petinju dengan pukulan terkuat di dunia menurut Andy Lee? Mantan juara dunia kelas menengah WBO itu mengungkapkan sosok pemilik tinju terkuat justru dia temukan saat latih tanding (sparring) bukan ketika merajut karier profesionalnya yang berlangsung selama 11 tahun.

Lee memulai kariernya sebagai petinju amatir setelah kalah KO di ronde kedua pada Olimpiade Athena 2004 oleh Hassan N’Dam N’Jikam, yang kemudian menjadi juara dunia. Setelahnya, Lee memutuskan untuk beralih ke tinju profesional. Ia pun bergabung dengan mendiang Emanuel Steward di Kronk Gym yang terkenal di Detroit.



Karier profesional Lee segera melejit. Ia meraih gelar juara super-menengah Irlandia di pertandingan profesionalnya yang ke-14, hanya 20 bulan setelah debutnya. Namun, kemajuan Lee terhenti saat ia kalah TKO mengejutkan dari Brian Vera dalam dua pertarungan berikutnya.

Lee berhasil membalas kekalahannya dari Vera pada tahun 2011, setelah mengklaim gelar NABA dan NABF di kelas menengah. Ia kemudian bertarung melawan Julio Cesar Chavez Jr. untuk gelar dunia kelas menengah WBC pada Juni 2012. Meski sempat unggul di tiga skor juri, Lee kembali kalah KO. Namun, Lee akhirnya meraih momen keemasannya pada tahun 2014 dengan mengalahkan Matvey Korobov yang belum terkalahkan dan merebut sabuk WBO yang lowong.

Sayangnya, Lee tidak berhasil mempertahankan sabuk tersebut. Pertarungan imbang melawan Peter Quillin berakhir tanpa gelar setelah Quillin gagal mencapai berat badan yang disyaratkan. Lee kemudian kehilangan gelarnya pada 2015 setelah kalah dalam keputusan mayoritas dari Billy Joe Saunders.

Melalui media sosial, Lee mengenang masa-masa latih tandingnya dan mengungkapkan bahwa Adonis Stevenson, mantan juara dunia kelas berat ringan asal Kanada, adalah petinju dengan pukulan terkeras yang pernah ia hadapi. Pengakuan ini muncul sebagai tanggapan atas video highlight kemenangan KO Stevenson. "Mungkin dia (Adonis Stevenson, red) adalah pemukul terkeras yang pernah saya sparring," tulis Lee.



Mengikuti jejak Emanuel Steward dan tim Kronk lainnya, Lee telah membantu SugarHill Steward dalam melatih Tyson Fury dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Lee mengambil peran utama ketika ia ditunjuk sebagai pelatih Joseph Parker pada tahun 2021 untuk pertarungan melawan Derek Chisora. Parker menang dalam keputusan split pada pertarungan pertama mereka, tetapi dalam rematch tujuh bulan kemudian, Parker menunjukkan kemampuan tinju yang mengesankan dan meraih kemenangan dengan keputusan bulat.

Dalam beberapa bulan terakhir, pengetahuan Lee dalam dunia tinju semakin diakui. Parker menunjukkan peningkatan signifikan dan kembali menjadi ancaman di kelas berat. Kemenangan mengejutkan atas Deontay Wilder pada Desember lalu mengganggu rencana pertarungan antara Wilder dan Anthony Joshua. Namun, kemenangan mayoritas Parker melawan "bogeyman" kelas berat Zhilei Zhang membuktikan kembali kemampuannya.

Kini, pada usia 32 tahun, Parker memegang gelar interim WBO kelas berat dan tampaknya siap untuk mendapatkan kesempatan bertarung memperebutkan gelar penuh, baik melawan pemenang rematch antara Oleksandr Usyk dan Fury, atau untuk sabuk yang mungkin dilepaskan oleh keduanya setelah pertempuran kedua mereka.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.9972 seconds (0.1#10.140)