Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 Putaran Keempat Jadi Bagian dari Program Road to MotoGP 2024

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 17:05 WIB
loading...
Kejurnas Mandalika Racing...
Pembalap unggulan Indonesia siap memeriahkan Kejuaraan Nasional Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 pada 23-25 Agustus di Sirkuit Internasional Mandalika / Foto: Dok. Pertamina Mandalika Racing Series
A A A
Kejuaraan Nasional Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 makin diminati. Memasuki putaran keempat yang dilangsungkan pada 23-25 Agustus 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika , Lombok NTB, rombongan pembalap dan tim dari berbagai pulau di Indonesia terus berdatangan.

Ribuan kilometer ditempuh untuk merasakan atmosfer kompetisi balap sesungguhnya di sirkuit kebanggaan Indonesia. Kelas Kejurnas yang dipertandingkan di Mandalika Racing Series 2024 adalah Sport 150, Sport 250, Supersport 600 serta supporting class Junior Sport 150 U-15, Underbone 150 Open serta Supersport 600 dan Superbike 1000 Community.

Pembalap unggulan Indonesia dipastikan tampil seperti Andi Gilang, Galang Hendra, AM Fadly, Rheza Danica,M Faerozi, Rey Ratukore, Arai Agaska, Herjun AF, Alfie Husni, Murobbil Vitoni, Fahmi Basam, termasuk The Rising Star, M Kiandra Ramadhipa di kelas Kejurnas. Mereka termasuk dari 115 starter yang mendaftar di Mandalika Racing Series 2024.


Bukan hanya diikuti rider berkaliber dunia, namun para pembalap belia juga tidak melewatkan kesempatan bertarung di kelas Junior Sport 150 U-15. Tercatat jumlah starter di kelas pembinaan usia muda ini mencapai 26 pembalap, yang merupakan angka terbanyak sejak dibuka kelas ini pada putaran kedua lalu.

Bila selama ini hanya diikuti oleh pembalap muda menggunakan Honda dan Yamaha, maka di putaran keempat ini dipanaskan juga petarung yang mengandalkan motor balap Suzuki. Hal ini tentu menjadi warna baru di dunia balap motor Indonesia setelah Suzuki absen beberapa tahun di pentas balap.

Priandhi Satria selaku Direktur Utama MGPA mengatakan, event hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan inJourney didukung Pertamina telah terbukti mengantarkan pembalap Indonesia mencetak prestasi di kejuaraan Asia, Eropa dan dunia. "Pada event ARRC Mandalika lalu, pembalap Indonesia yang naik podium adalah para peserta di Pertamina Mandalika Racing Series. Hal ini membuktikan bahwa MRS telah menjadi sebuah laga penting yang harus diikuti sebelum mereka naik level ke tingkat lebih tinggi," ujarnya dalam keterangan persnya, Sabtu (24/8/2024).


"Belum lama ada nama Veda Ega Pratama dan MK Ramadhipa yang berhasil naik podium untuk membuat bangga Indoesia sebagai kado Kemerdekaan. Selain itu ada Aldi Satya Mahendra serta Galang Hendra Pratama yang sekarang bermain di ajang WSSP300. Mereka adalah produk dari MRS yang tengah merasakan level kompetisi lebh tinggi. Agar proses regenerasi terus berjalan, kelas Junior Sport 150 U-15 menjadi salah satu harapam kita untuk bisa membuat sebuah fase pembinaan berkesinambungan dan terstruktur," sambung Priandhi.

Priandhi menambahkan bahwa Mandalika Racing Series putaran keempat ini juga menjadi bagian dari program Road to MotoGP menjelang pelaksanaanya pada 27-29 September mendatang. "Nanti bakal ada program yang beririsan antara MRS dengan Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai upaya kita meningkatkan dunia motorsport di Tanah Air sejalan dengan program mendukung pembalap Indonesia mendunia."

Pada perebutan title gelar Juara Nasional Sport 150, pembalap tuan rumah Aldiaz Aqsal Ismaya dari Yamaha Yamalube Ziear LFN HP969 RBT34 ARL The Strokes55 mengantongi poin 105 bersaing ketat dengan Galang Hendra Pratama dari Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya MBKW2 Racing berselisih satu poin 104.Di belakangnya membayangi Mohammad Murobbil Vitoni Yamaha LFN HP969 Proliner NHK Navaro Racing team dengan raihan 92 poin.

Sementara di kelas Sport 250, pembalap Astra Motor Racing Team Yogyakarta Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang berpeluang mengunci gelar juara yang kini memimpin dengan 140 poin. Dua pembalap di belakangnya adalah duet Yamaha Yamalube AMS TDR LFN Cargloss IRC RSS yakni Feli Putra Mulya (76 poin) serta Reynaldo Ratukore (74 poin). Sedangkan di kelas Supersport 600 M Adenanta Putra dari Astra Honda Racing Team berada di puncak klasemen dengan 166 poin unggul dari Dimas Ekky Pratama (MS Glow For Men Racing Team) di posisi kedua dengan 116 poin serta Rheza Danica Ahrens (AHRT) dengan 95 poin.

Pertamina Mandalika Racing Series 2024 mendapat dukungan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, MGPA, ITDC dan InJourney serta Bank Mandiri, Honda, LFN, Pirelli,Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia, YSS, Pikoli, MS Glow for Men, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake dan Narmada.

Aksi-aksi para pembalap di sirkuit bisa disaksikan langsung secara gratis di Grand Stand K melaui Blue Gate Pertamina Mandalika International Circuit serta bisa melihat booth sponsor dan para UMKM lokal. Selain itu bakal ada tayangan langsung di Live Streaming youtube Mandalika Racing Series.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)