Takjub Prestasi Quartararo, Rossi Ungkap Kehebatannya

Selasa, 08 Oktober 2019 - 07:01 WIB
Takjub Prestasi Quartararo, Rossi Ungkap Kehebatannya
Takjub Prestasi Quartararo, Rossi Ungkap Kehebatannya
A A A
BURIRAM - Pembalap Yamaha Valentino Rossi buka suara soal kiprah rookie MotoGP 2019 Fabio Quartararo. Rossi mengaku telah membaca kehebatan pembalap Petronas Yamaha tersebut sejak awal musim, namun tidak menyangka bakal sedahsyat ini.

Quartararo bertarung hebat dengan juara dunia 2019, Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Buriram, Minggu (6/10/2019) siang WIB.

Pembalap berusia 20 tahun itu berduel dengan Marquez hingga lap pamungkas. Sempat menyalip Marquez, namun kalah di tikungan terakhir. Quartararo hanya tertinggal 0,171 detik dari Marquez yang mencatat waktu tercepat 39 menit 36,223 detik.

Quartararo, pembalap kelahiran Nice, Prancis, 20 April 1999, itu meraih pole keempat musim ini di Buriram, dan sepertinya akan berjuang untuk podium kelima tahun ini, bahkan mencari kemenangan pertama yang pernah dilakukan oleh pembalap satelit Yamaha, di MotoGP Jepang, 20 Oktober 2019.

"Quartararo sangat mengesankan musim ini. Saya perkirakan dia akan tangguh, karena Quartararo sudah fantastis ketika dia berusia 15 tahun. Dia melakukan sesuatu yang istimewa, tetapi jujur, saya tidak menyangka seperti ini," kata Rossi dilansir Crash.

"Saya pikir, tidak ada yang menyangkanya. Dia sangat cepat, kuat, tidak melakukan kesalahan, dan saya pikir dia bisa sangat, sangat kuat di masa depan."

"Dia mengendarai Yamaha dengan sangat baik karena dia sangat mulus berkendara dan saya pikir dia sangat kuat dalam pengereman karena dia mampu menghentikan motornya dengan sangat baik."

Quartararo telah diberikan putaran mesin tambahan untuk sisa musim ini, setelah sebelumnya 500rpm lebih rendah dari mesin pabrik rekan setimnya, Franco Morbidelli, plus Rossi dan Maverick Vinales.

Tapi, sementara Quartararo merayakan posisi pole pada hari Sabtu, Rossi turun di tempat kesembilan setelah jatuh pada pembukaannya.

"Ini memalukan karena kami memiliki potensi untuk berbuat lebih baik, karena langkah saya di FP4 cukup bagus dan jadi kami ingin mencoba untuk memulai di lima besar," imbuh Rossi.

Di klasemen pembalap, Fabio Quartararo bertengegr di peringkat 7 dengan 143 poin. Sedangkan Rossi di atasnya (60) dengan 145 poin.

Rossi merasa bahwa Quartararo, Maverick Vinales, dan Marquez saat ini masih memiliki sedikit keunggulan dalam lomba. "Sepertinya pada lomba besok juga tiga teratas -Quartararo, Vinales dan Marquez- memiliki kecepatan yang sedikit lebih baik."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0100 seconds (0.1#10.140)