Klasemen Medali PON Aceh-Sumut 2024: Provinsi Riau Borong 6 Emas!

Senin, 02 September 2024 - 16:06 WIB
loading...
Klasemen Medali PON...
Klasemen Medali PON Aceh-Sumut 2024: Provinsi Riau Borong 6 Emas! Foto: NPC
A A A
Riau memimpin klasemen sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 setelah sukses mendominasi cabang olahraga senam dengan meraih 6 medali emas. Sementara itu, tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara berhasil mengamankan medali pertama mereka di ajang ini.

Kontingen Riau menunjukkan performa impresif dengan mengoleksi 6 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu dari cabang senam artistik. Prestasi ini menempatkan Riau sebagai juara umum di cabang tersebut, mengungguli DKI Jakarta yang berada di posisi kedua dengan selisih satu emas.

Jawa Timur menempati posisi ketiga klasemen sementara setelah meraih 3 emas dari senam artistik nomor perorangan, termasuk dari alat vaulting table, ring, dan floor exercise. Yang menarik, posisi keempat yang sebelumnya ditempati Jawa Barat kini beralih ke Aceh.

Aceh berhasil meraih medali emas pertama mereka di cabang olahraga paramotor melalui Hening Paradigma, yang unggul dalam kategori Economic FL-Distance dan Wheel Launch Solo pada kompetisi di Bandara Malikushaleh, Aceh Utara, Sabtu (31/8/2024). Ketua KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar, menyatakan bahwa kemenangan ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi cabang olahraga lain yang akan bertanding.

Namun, meskipun Hening meraih dua emas, yang baru tercatat dalam klasemen medali adalah satu emas, karena hasil resmi untuk nomor Wheel Launch Solo baru akan diumumkan pada Upacara Pengalungan Pemenang (UPP) hari ini. Selain emas, Aceh juga meraih medali perak dari nomor navigasi FL di cabang paramotor sehari sebelumnya.

Jawa Barat, yang kini berada di posisi kelima, berhasil mengumpulkan 1 emas dari cabang paramotor dan 3 perunggu dari senam artistik. Di sisi lain, Sumatera Utara, yang juga menjadi tuan rumah, meraih medali emas pertama mereka di cabang paramotor melalui Ditta Vanesha Aulya Putri yang unggul di kategori Economic Foot Launch (FL) Distance, Sabtu (31/8/2024). Prestasi ini menempatkan Sumut di posisi keenam klasemen sementara dengan 1 emas.

Posisi ketujuh ditempati oleh Sumatera Selatan, yang telah mengumpulkan 2 perak dan 3 perunggu. Medali perak diraih oleh Rinu Via Maylira dan Fajar Abdul Rohman dari cabang senam artistik.

Sementara itu, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Jambi masing-masing meraih satu medali perak. Banten dan Lampung baru meraih satu perunggu dan berada di peringkat ke-12 dan ke-13 dari 38 provinsi yang berpartisipasi di PON XXI Aceh-Sumut.

Klasemen PON 2024
Klasemen Medali PON Aceh-Sumut 2024: Provinsi Riau Borong 6 Emas!
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)