Live Eksklusif di iNews, PON XXI Aceh-Sumut 2024

Rabu, 04 September 2024 - 12:08 WIB
loading...
Live Eksklusif di iNews,...
Pesta olahraga nasional terbesar dan paling bergengsi dimulai. Sebagai ajang terbesar di Indonesia ajang ini sukses mencetak sejarah baru / Foto: MNC Media
A A A
Pesta olahraga nasional terbesar dan paling bergengsi dimulai. Sebagai ajang terbesar di Indonesia ajang ini sukses mencetak sejarah baru, dimana penyelenggaraan PON akan digelar di dua provinsi sebagai tuan rumah, yaitu Aceh dan Sumatera Utara pada 9-20 September 2024. Event ini juga menjadi perhelatan akbar olahraga dalam sejarah PON di mana dua provinsi berbagi peran sebagai tuan rumah, menjadikannya momen bersejarah bagi Indonesia.

Di Aceh, ajang PON 2024 akan menyelenggarakan 33 cabang olahraga (cabor) dengan 42 disiplin dan 510 nomor pertandingan. Provinsi yang dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budaya ini akan menyambut sekitar 5.636 atlet serta 2.752 official dari seluruh penjuru Indonesia. Sementara di Sumatera Utara ada 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin dan 528 nomor pertandingan. Jumlah peserta yang akan bertanding di Sumatera Utara diperkirakan mencapai 6.281 atlet dan 3.140 official.

Perolehan medali sementara diungguli Provinsi Riau yang berhasil memimpin dengan 6 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Mengekor di posisi kedua adalah kontingen dari DKI Jakarta yang meraih 5 medali emas, 4 medali perak, dan 1 medali perunggu. Meskipun masih berada di peringkat kedua, hasil ini sudah masuk kategori bagus bagi DKI Jakarta, yang dikenal sebagai salah satu provinsi yang selalu berjuang keras untuk menjadi juara umum di PON.



Di posisi ketiga, Jawa Timur juga menunjukkan performa yang tak kalah baik dengan mengumpulkan 3 medali emas, 4 medali perak, dan 2 medali perunggu. Setelah finis di posisi ketiga pada PON Papua 2021, Jawa Timur jelas mengincar posisi yang lebih baik pada PON kali ini. Mereka masih berpeluang besar untuk memperbaiki peringkatnya, mengingat banyak cabang olahraga yang belum dipertandingkan.

Ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini menjadi panggung bagi para atlet dari berbagai provinsi untuk menunjukkan bakat dan kemampuan terbaik mereka, sekaligus membawa kebanggaan bagi daerah masing-masing. Dengan banyaknya pertandingan yang akan digelar hingga penutupan PON nanti, persaingan medali diprediksi akan semakin ketat dan menarik untuk diikuti. Penasaran bagaimana keseruan para atlet-atlet kebanggaan Indonesia merebut gelar juara di PON?

Jangan lewatkan atlet-atlet terbaik dari berbagai cabor di 38 Provinsi dari penjuru negeri siap beraksi di PON 2024 meraih gelar juara untuk merah putih, 9-20 September 2024, Eksklusif Live hanya di iNews Premium Sports.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)