10 KO Brutal dengan Pukulan ke Tubuh Menyakitkan Tak Terlupakan

Rabu, 04 September 2024 - 13:07 WIB
loading...
10 KO Brutal dengan...
10 KO Brutal dengan Pukulan ke Tubuh Menyakitkan Tak Terlupakan/Boxing Scene
A A A
Inilah 10 KO brutal dengan pukulan ke tubuh menyakitkan yang paling tak terlupakan termasuk kekalahan Maciej Sulecki dari Diego Pacheco. Macjiec Sulecki tidak terlalu menikmati seluruh pukulan ke arah kepala yang dilayangkan Diego Pacheco pada Sabtu malam, namun ia dapat menerimanya.

Selama 14 tahun dan 35 laga sebagai petinju profesional, petarung menengah super asal Polandia ini memiliki seluruh pengalaman sebagai veteran yang dibutuhkan untuk melancarkan serangan, mengulur waktu saat terdesak, menggunakan kakinya, serta mengatasi tiap situasi sulit yang ia hadapi. Namun, saat Pacheco menggunakan seluruh kekuatan tubuhnya yang berpostur 193 cm ke dalam sebuah pukulan kiri yang mendarat tepat di bawah siku kanannya pada ronde keenam, tidak ada yang dapat dilakukan Sulecki.

Tipu muslihat veteran itu tidak terlalu berarti. Tekad yang kuat tidak ada gunanya baginya. Tubuhnya berputar 270 derajat searah jarum jam dan terjatuh. Sulecki masuk ke posisi janin. Lalu ia berguling ke atas punggungnya, dan tak dapat mengangkat tubuhnya dari atas kanvas sebelum wasit Ray Corona menghitung sampai 10 kali.



KO melalui serangan ke arah tubuh biasanya tidak terlalu menarik perhatian seperti serangan ke arah rahang yang membuat petarung tak sadarkan diri, sebuah kenyataan yang tercermin dari fakta bahwa hanya sekali dalam 35 tahun majalah "The Ring" menobatkan KO Terbaik Tahun Ini, yang diberikan kepada KO melalui serangan ke arah tubuh. Namun, KO dengan serangan ke arah tubuh itu indah dengan caranya sendiri. Ada penderitaan yang menyertai di wajah korban yang tidak kita dapatkan pada pukulan ke arah kepala.

Dan ada daya tarik tersendiri bagi seorang petinju yang turun ke bawah untuk mengakhiri pertandingan saat menghadapi lawan yang keras kepala dan mampu menerima semua pukulan yang dilayangkan di atas leher - seperti yang dilakukan Sulecki, yang belum pernah dihentikan sebelumnya, dalam lima ronde pada hari Sabtu di Carson, California. Pacheco menang KO ronde 6 Sulecki adalah sebuah serangan ke arah tubuh yang spektakuler.

Namun, ia bukanlah seorang yang serba bisa. Dan yang saya rayakan dalam kolom ini adalah para pemenang sepanjang masa. Dalam urutan kronologi, saya akan menyajikan pilihan saya untuk 10 KO dengan pukulan ke arah tubuh yang paling tak terlupakan dalam sejarah tinju.

Untuk memperjelas, ini adalah serangan ke arah tubuh yang mengakhiri pertarungan. Tinju kiri Amir Khan pada ronde pertama ke arah ulu hati saat melawan Marcos Maidana, hook Micky Ward pada ronde kesembilan yang luar biasa dalam pertarungan Arturo Gatti pertama, serangan ke arah perut pada ronde keenam dari Daniel Geale saat menghadapi Darren Barker, pukulan kiri Naoya Inoue ke arah tubuh yang membuat Nonito Donaire harus berlari di tengah ring pada ronde ke-11 dalam pertarungan pertama mereka - semuanya adalah pukulan ke arah tubuh yang sangat berkesan.

Namun, mereka termasuk dalam daftar yang berbeda, daftar yang berisi para petarung yang melakukan pekerjaan paling ajaib dalam bangkit dari knockdown akibat pukulan ke arah tubuh dan terus maju. Ini adalah KO dengan serangan ke arah tubuh yang paling berkesan, dan tidak semuanya berkesan karena alasan yang sama. Beberapa di antaranya sangat berkaitan dengan situasi. Yang lainnya masuk dalam daftar ini karena kebrutalan dan kekejaman estetika.

Berikut 10 KO brutal dengan pukulan tubuh menyakitkan paling tak terlupakan:

10. 17 Maret 1897: Bob Fitzsimmons KO Ronde 14 vs Jim Corbett
Inilah pengecualian dari pernyataan "mereka semua cukup modern", tapi ucapkan kata "Solar Plexus Punch" pada penggemar tinju sejati, dan mereka akan langsung tahu pertarungan apa yang sedang Anda bicarakan. Pertarungan ini sangat bersejarah karena gelar kelas berat berpindah tangan (untuk kedua kalinya di era peraturan Queensberry) hari ini di Carson City, Nevada, dan karena Fitzsimmons terjatuh pada ronde keenam dan, menurut semua laporan, berada dalam posisi yang kurang menguntungkan saat ia mendaratkan pukulan kiri ke arah tubuh yang secara tiba-tiba mengakhiri pertarungan.

Corbett terjatuh dengan lutut kanannya, melayang ke samping, mencoba bangkit, namun tidak dapat melepaskan diri dari dampak pukulan itu sebelum wasit George Siler menghitung 10 kali. Dan ini bukan hanya saya yang mengulang detail yang saya baca dalam sebuah buku yang ditulis oleh seseorang yang berbicara dengan seseorang yang kakeknya berada di sisi ring pada tahun 1897.

Sebenarnya ada film tentang ini! Tentunya itu adalah faktor yang membantu "pukulan ulu hati" bertahan dalam ujian waktu dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh KO yang dilakukan oleh pukulan ke arah tubuh selama 80 tahun berikutnya.

9. 24 Oktober 1980: Gerry Cooney KO Ronde 1 vs Ron Lyle
Katakanlah apa yang Anda inginkan tentang Cooney yang tidak mencapai potensinya atau menjadi petarung dengan satu tangan, namun petinju kidal yang bertinju dengan kuda-kuda ortodoks ini benar-benar dapat menghantam dengan tangan dominannya - dan sangat suka menggalinya ke arah sisi tubuh lawan untuk mempersiapkan pukulan KO di atas. Menghadapi Lyle - yang harus diakui telah mengalami hari yang lebih baik -
Cooney menggunakan serangan kilat ke arah tubuh dan kepala untuk membuat lawannya kewalahan, dan dengan kurang dari 20 detik tersisa pada ronde pembuka, sebuah uppercut kiri dan hook kiri ke arah rahang membuka jalan bagi sebuah tinju kiri yang tepat ke arah rusuknya. Jatuhlah Lyle, melalui tali, berjuang untuk bernafas dengan telentang di atas apron ring saat Arthur Mercante Sr. menghitungnya.

8. 20 Januari 1990: Gerald McClellan KO Ronde 1 vs James Williamson
Ini bukanlah pertarungan besar. Ini adalah sebuah laga undercard delapan ronde yang dijadwalkan di Detroit antara sepasang atlet kelas menengah yang memiliki banyak kekalahan. Seharusnya laga ini tidak masuk ke dalam daftar hal-hal yang tak terlupakan.

Namun hal itu terjadi, karena KO melalui tendangan ke arah tubuh yang dilayangkan oleh salah satu pemukul terbaik sepanjang masa, sosok tragis McClellan, sangatlah menggelikan. Dan sekeras itu. Itu terdengar seperti bola cepat berkecepatan 99 mil per jam yang mendarat di sarung tangan seorang penangkap bola, saat McClellan menyarangkan sebuah pukulan kiri yang keras ke bagian bawah rusuk Williamson, dan Williamson terjatuh ke atas kanvas dengan posisi miring ke kanan dan melakukan gerakan Curly Shuffle di bawah tali ring sebelum ia dinyatakan kalah.

"The G-Man" kemudian mencetak apa yang diyakini sebagai KO tercepat melalui serangan ke arah tubuh - dalam waktu 20 detik saat melawan Jay Bell pada tahun '93 - namun menurut saya, serangan yang memuakkan ke arah Williamson ini adalah yang terbaik.

7. 12 April 1997: Micky Ward KO Ronde 7 vs Alfonso Sanchez
Pukulan hook kiri Ward ke arah tubuh memenangkan banyak pertarungan - tidak hanya melalui KO, namun juga dengan membuat perbedaan pada kartu penilaian dalam pertarungan pertama Gatti yang disebutkan di atas dan dalam Pertarungan Terbaik Tahun 2001 melawan Emanuel Augustus.

Namun, tidak pernah ada perbedaan yang lebih dramatis antara kemenangan dan kekalahan seperti saat melawan "Poncho" Sanchez yang tak terkalahkan dalam laga undercard dari pertandingan Oscar De La Hoya-Pernell Whitaker. Ward tidak hanya kalah dalam tiap detik pada ronde pertama dari 6½ ronde pertama laga ini; ia sangat jauh dari kata kompetitif sampai-sampai Merchant mengatakan dengan tegas pada 45 detik memasuki ronde ke-7, "Ini adalah sebuah laga yang seharusnya dihentikan."

Semenit kemudian, Merchant dengan tidak percaya bertanya, "Apa yang saya lihat di sini?!" saat Sanchez menggeliat di atas kanvas. Sebuah pukulan kiri ke arah ulu hati membalikkan keadaan dan meluncurkan kebangkitan kembali karier Ward.

6. 6 September 1997: Erik Morales KO Ronde 11 vs Daniel Zaragoza
Ini adalah sebuah pertarungan yang diwariskan dari seorang calon anggota Hall of Fame berusia 39 tahun dari Meksiko kepada seorang calon anggota Hall of Fame berusia 21 tahun dari Meksiko, dan berakhir dengan sebuah serangan ke arah tubuh yang tidak biasa dan puitis. Zarazoga mulai melemah pada ronde ke-11 dalam laga yang berlangsung ketat ini, saat Morales menyarangkan sebuah jab, dan saat Zaragoza mengangkat sarung tinjunya untuk bertahan, "El Terrible" melanjutkan dengan sebuah pukulan straight kanan ke arah perutnya.

Zarazoga berguling ke atas punggungnya, duduk, mengenali lawannya dan menerima hitungan, dimana sisa-sisa semangat juangnya telah terkuras habis. Morales telah menyarangkan tendangan ke arah tubuh "The Mouse" untuk merebut gelar juara pertamanya dan memulai kariernya pada tingkatan kejuaraan yang ternyata lebih hebat dari pria tua yang baru saja ia taklukkan.

5. 25 April 1998: Roy Jones Jr. KO Ronde 4 vs Virgil Hill

10 KO Brutal dengan Pukulan ke Tubuh Menyakitkan Tak Terlupakan

Roy Jones vs Virgil Hill

Jika anda mengharapkan sebuah jawaban atas pertanyaan trivia yang menggoda tentang hanya satu pukulan KO ke arah tubuh yang memenangkan penghargaan Knockout of the Year "The Ring," sekarang anda mendapatkannya. Serangan ke arah tubuh jarang menjadi bagian utama dari repertoar Jones, namun ia hanya membutuhkan satu serangan untuk menciptakan KO terbaik dalam kariernya, sebuah pukulan kanan ke arah rusuk Hill yang menjatuhkan "Quicksilver" dengan sangat menyakitkan.

Internet akan memberi tahu anda segalanya, mulai dari "Hill mengalami patah tulang kecil di bagian rambutnya" sampai "Jones mematahkan tiga tulang rusuknya dalam satu pukulan." Jadi, mari kita sepakati detailnya seperti yang Roy nyanyikan dalam "Y'All Pasti Sudah Lupa": "Apakah akan ada Roy Jones yang lain? Mungkin tidak. Menghentikan Virgil Hill dengan sebuah pukulan ke arah tubuh."

4. 18 September 2004: Bernard Hopkins KO Ronde 9 vs Oscar De La Hoya
Pukulan yang mengakhiri pertarungan ini tidak terlihat banyak. Baik secara real time maupun slo-mo, tidak terlihat banyak yang terjadi di balik pukulan kiri Hopkins ke arah tubuh lawannya - itulah sebabnya beberapa penggemar bersikeras hingga hari ini bahwa De La Hoya pasti telah memalsukan efeknya.

Namun, dengan asumsi Anda bukan penganut teori konspirasi, apa yang Anda lihat di pertengahan ronde kesembilan adalah "The Executioner" menempatkan pukulan kiri di tempat yang tepat, tepat di ulu hati, sehingga kekuatan pukulan tersebut tidak terlalu berpengaruh. Apapun pendapat anda tentang pukulan tersebut, ini adalah pertandingan tinju paling signifikan yang berakhir dengan serangan ke arah tubuh sejak Fitzsimmons vs Corbett.



3. 23 Juni 2007: Ricky Hatton KO4 Jose Luis Castillo
Apakah mantan juara kelas ringan Castillo sudah diincar sebelum pertarungan ini? Itu menjadi bahan perdebatan. Apakah dia tertembak saat Hatton selesai memukulnya? Sangat jelas. Hatton selalu menjadi pemukul tubuh yang luar biasa - pertarungannya pada tahun 2001 melawan petinju veteran Freddie Pendleton merupakan salah satu penyelesaian melalui tubuh yang ganas - dan Castillo mengetahui secara langsung bahwa "The Hitman" juga sama berbahayanya di bawah, sama seperti kebanyakan petinju senegaranya di Meksiko.

Dua menit memasuki ronde keempat, Hatton memutar pinggulnya dan menyarangkan sebuah hook kiri ke sisi tubuh Castillo, dimana "El Temible" membalikkan badannya, mundur setengah langkah ke arah tali ring dan berlutut di atas kanvas, dimana ia tetap bertahan dengan mulut ternganga sampai wasit Joe Cortez selesai menghitung.

2. 29 Juni 2013: Gennady Golovkin KO Ronde 3 vs Matthew Macklin
Mendaftar untuk melawan "Triple G," dan mendapatkan dua tulang rusuk yang patah sebagai balasannya. Ya, Golovkin mematahkan dua tulang rusuk Macklin dengan pukulan kiri yang ia daratkan pada ronde ke-3 laga ini. Hal pertama yang jatuh adalah rahang Macklin, saat ia berteriak kesakitan, lalu ia jatuh berlutut, dan dengan cepat ia terkapar di atas kanvas, menggeliat, tak mampu bangkit. Golovkin memiliki perjalanan yang luar biasa selama beberapa tahun, dimana setiap KO yang diraihnya selalu tak terlupakan dengan cara yang berbeda, dan pertarungan melawan Macklin akan selalu diingat.

1. 26 September 2020: Jermell Charlo KO Ronde 8 vs Jeison Rosario
Yang satu ini adalah sebuah KO luar biasa yang tak terlupakan, karena berbagai alasan. Berlaga di Mohegan Sun Arena yang sebagian besar kosong, dan dengan demikian sangat sepi, saat olahraga kembali digelar di tengah pembatasan akibat pandemi COVID-19, Jermell mencetak sebuah KO jab ke arah tubuh yang sangat langka, menyarangkan sebuah pukulan kiri ke arah perut bagian bawah Rosario dan menjatuhkannya ke atas kanvas dalam posisi terlentang.

Dan kemudian, keadaan menjadi semakin aneh, saat Rosario berbaring terlentang dan mulai kejang-kejang, seakan tubuhnya ingin melakukan "The Worm" namun ia tak dapat tengkurap untuk melakukan breakdance tersebut. Sepenuhnya 123 tahun setelah Pukulan Ulu Hati, Charlo dan Rosario mengingatkan kita bahwa hal-hal yang agak aneh dan mengejutkan dapat terjadi ketika Anda meninju seseorang di bagian tubuh.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)