Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Diawali 'Aceh Seumapa'

Senin, 09 September 2024 - 20:41 WIB
loading...
Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut...
Pertunjukan kebudayaan Aceh mengawali Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Foto/iNews
A A A
BANDA ACEH - Pertunjukan kebudayaan Aceh mengawali Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Budaya 'Aceh Seumapa' yang ditampilkan melalui tarian menjadi penanda dimulainya acara tersebut.

Upacara pembukaan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada Senin (9/9/2024) pukul 20.00 WIB. Acara itu diawali dengan penyambutan terhadap kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Setelah itu, upacara pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin diva kenamaan Tiara Andini. Kemudian, Hymne Aceh, dan Mars PON dinyanyikan secara bergiliran.



Tak lupa, doa bersama sekaligus pembacaan ayat suci Al-Qur'an melengkapi awal upacara pembukaan. Upacara pembukaan kemudian dilanjutkan pada pertunjukan tari yang bertajuk 'Aceh Seumapa' yang merupakan bagian dari tema Maha Raya dan Maha Karya.

Maha Raya adalah refleksi dari tradisi sejarah yang menampilkan keistimewaan sejarah Aceh. Sedangkan, Maha Karya menampilkan pesona budaya atau keistimewaan dari kultur yang ada di Aceh.

Pada momen ini, sebanyak 873 penari menjadi penampil untuk memperkenalkan tradisi dan sejarah Aceh. Visualisasi serta musik tradisional mengiringi tarian tersebut. Sesekali, kembang api ditembakkan ke udara untuk memeriahkan upacara pembukaan.



Pertunjukan ‘Aceh Seumapa’ serta disambut tepuk tangan meriah dari penonton. Maha Raya dan Maha Karya kemudian ditutup dengan penampilan Nabila yang menyanyikan lagu daerah dari Aceh Bungong Jeumpa.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)