Apa Makna Nomor 21 pada Jersey Jokowi Pemberian FIFA

Minggu, 03 November 2019 - 11:56 WIB
Apa Makna Nomor 21 pada Jersey Jokowi Pemberian FIFA
Apa Makna Nomor 21 pada Jersey Jokowi Pemberian FIFA
A A A
BANGKOK - Mungkin banyak yang bertanya, apa makna nomor 21 di jersey Presiden RI Joko Widodo pemberian Presiden FIFA Gianni Infantino. Selain nomor punggung, di bagian atas juga terselip nama JOKOWI.

Seperti diketahui, di sela-sela Konfrensi Tingkat Tinggi ASEAN yang berlangsung di Bangkok, Thailand, dilakukan pula penandatangan kerjasama (MoU) antara ASEAN dan FIFA yang dilakukan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Infantino. MoU tersebut berbicara tentang pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan.

Usai melakukan penandatangan, semua kepala negara ASEAN dipesilakan maju ke panggung kehormatan. Nah, di situlah, Infantino memberikan jersey berwarna biru. Namun, nomor punggung yang berbeda terlihat di jersey yang diangkat Jokowi. (Baca juga : Presiden FIFA Ingin Jadikan Piala Dunia U-20 2021 Indonesia yang Terbaik )

Satu-satunya perbedaan nomor tersebut sempat menjadi tanda tanya di antara para pemimpin negara ASEAN yang ada di atas panggung. Salah seorang delegasi FIFA yang hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa nomor punggung 9 diperuntukkan bagi para kepala pemerintahan.

Sementara nomor punggung 10 diberikan kepada para kepala negara. Khusus untuk Jokowi diberikan nomor punggung 21 dengan makna keberhasilan Indonesia yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U20 pada tahun 2021 mendatang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seperti dalam rilis yang diterima SINDOnews, Minggu (3/11/2019), secara singkat menjelaskan bahwa terdapat empat bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara ASEAN dengan FIFA.

"Yang pertama adalah promotion of sport integrity, yang kedua adalah sport for development, yang ketiga adalah FIFA football for school programme, dan yang keempat adalah professional capacity building," ujarnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8508 seconds (0.1#10.140)