Insiden Kontroversial Aceh vs Sulteng di PON 2024, PT LIB: Jangan Beri Ampun!

Senin, 16 September 2024 - 08:18 WIB
loading...
Insiden Kontroversial...
PT Liga Indonesia Baru (LIB) ikut bereaksi soal insiden kontroversial pada laga Aceh kontra Sulawesi Tengah (Sulteng) pada babak perempat final PON 2024 / Foto: SINDOnews TV
A A A
PT Liga Indonesia Baru (LIB) ikut bereaksi soal insiden kontroversial pada laga Aceh kontra Sulawesi Tengah (Sulteng) pada babak perempat final PON 2024 . Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menyebut akan ada hukuman tegas yang bakal diberikan kepada para pelaku.

Insiden memalukan bagi sepak bola Indonesia terjadi pada laga perebutan tiket semifinal yang mempertemukan Aceh versus Sulteng di Stadion Dimurthala, Sabtu (14/9/2024) lalu. Dalam laga itu, pemain Sulteng diganjar tiga kartu merah.

Parahnya, pemain Sulteng, Muhammad Rizki melakukan pemukulan kepada wasit Eko Agus Sugiharto. Rizki diduga melakukan aksi tidak terpuji karena mentalnya telah goyah dalam laga tersebut.



Sebab, wasit Eko kerap membuat keputusan kontroversial yang cukup menguntungkan Aceh selaku tuan rumah. Akibat insiden itu, wasit Eko sempat mendapat perawatan dan bahkan harus diganti dengan wasit cadangan untuk melanjutkan pertandingan.

Kejadian kontroversial itu menyita perhatian seluruh publik, tak terkecuali PT LIB. Ferry menyatakan bahwa pihaknya sangat mengutuk keras insiden tersebut. Menurutnya, sang pelaku sangat pantas untuk mendapatkan hukuman berat. Tak hanya bagi pemain, melainkan wasit Eko juga terancam hukuman berat jika terbukti salah.

"Pantang hukumnya melakukan pemukulan kepada perangkat pertandingan. Ditambah lagi, jika terbukti, wasit terlibat dalam pengaturan pertandingan. Akan ada hukuman yang tegas dan setimpal. Jangan beri ampun. Jaga integritas bersama," tutur Ferry dalam rilis PT LIB, Senin (16/9/2024).



Lebih lanjut, Ferry mengingatkan kepada wasit untuk tetap tegak lurus dalam memimpin suatu pertandingan. Dia turut meminta seluruh pihak untuk menjaga komitmen menjaga marwah sepak bola Indonesia.

"Mari kita jaga komitmen bersama untuk menjaga marwah sepak bola Indonesia yang terus membaik. Termasuk dalam hal kepemimpinan wasit," beber Ferry.

Pada akhirnya, Sulteng memilih untuk tidak melanjutkan laga di babak tambahan waktu saat skor sedang imbang 1-1. Alhasil, Aceh pun berhak mendapatkan tiket babak semifinal PON 2024 dan akan melawan Jawa Timur.

Sementara, PSSI saat ini sedang melakukan investigasi untuk mengusut tuntas pertandingan kontroversial tersebut. Bahkan, PSSI juga akan menunjuk wasit Liga
1 atau 2 untuk nantinya memimpin di sisa laga PON 2024.

Diketahui, PT LIB tidak akan mengutus wasit Liga 1 2024/2025. Melainkan, mereka akan memberikan kesempatan kepada wasit yang baru promosi bertugas ke kompetisi Liga-2 musim ini untuk bertugas di ajang empat tahunan tersebut.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)