alexametrics

Liga Primer Inggris 2018/2019

Xhaka Siap Hengkang, Pelatih Arsenal Kembali Andalkan Oezil

loading...
Xhaka Siap Hengkang, Pelatih Arsenal Kembali Andalkan Oezil
Pelatih Arsenal Unai Emery mengaku tidak tahu apakah Granit Xhaka akan bermain lagi untuk The Gunners/Foto/Reuters
A+ A-
LONDON - Posisi gelandang Granit Xhaka kian tak jelas di Emirtates Stadium. Pelatih Arsenal Unai Emery mengaku tidak tahu apakah dia akan bermain lagi untuk The Gunners setelah pemain internasional Swiss itu mengumpat fans The Gunners dan ban kaptennya dilucuti.

Xhaka sudah tidak bermain sejak terjadi insiden perselisihan dengan fans pada 27 Oktober di Emirates. Tak hanya dicopot ban kaptennya, Xhaka juga tidak diturunkan pada tiga laga Arsenal saat melawan Liverpool, Wolverhampton dan Vitoria Guimaraes di Liga Europa 2019/2020, Rabu (6/11/2019).

Emery mengatakan kepada wartawan pada Jumat (8/11/2019), bahwa Xhaka telah meminta untuk tidak dipilih untuk pertandingan Liga Primer melawan Leicester City, di King Power Stadium, Sabtu (9/11/2019) waktu lokal atau Minggu (10/11/20190 dini hari WIB.



Emery mengatakan Arsenal akan menunggu sampai Xhaka berada pada mental yang tepat untuk kembali. Namun, Emery tidak yakin itu akan terjadi.

"Kami membutuhkan pemain seperti Granit Xhaka. Tetapi juga, saya tidak tahu apakah dia akan bermain lagi," kata Emery kepada BBC seperti dikutip Reuters.

"Saya tidak tahu apakah pikirannya mau terus membantu kami dan terus mempertahankan kostum Arsenal."

Ditanya tentang kemungkinan transfer di jendela Januari, manajer mengatakan dia tidak memikirkan hal itu karena baru November.

"Kami akan memainkan banyak pertandingan pada bulan November dan Desember. Kami tidak dapat mengubahnya dalam dua bulan itu. Klub sedang berbicara dengannya dan kami akan memutuskan bagaimana dia dan bagaimana kami berpikir menggunakannya."

Xhaka bereaksi dengan marah kepada fans tuan rumah yang mencemoohnya setelah dia digantikan saat Arsenal bermain imbang 2-2 dengan Crystal Palace di Emirates Stadium bulan lalu. Dia menempelkan tangan kirirnya ke telinga saat fans mengolok-oloknya.

Dengan pemain pinjaman Dani Ceballos juga cedera dan tidak bisa dimainkan, Emery mengatakan Mesut Oezil -yang hanya bermain dua kali di liga musim ini- berada dalam pikirannya.

"(Oezil) berlatih dengan baik dan saya pikir dia sekarang konsisten dalam pelatihan, dia juga membantu dan positif. Saya pikir dia mungkin akan bermain nanti."

Dengan dicopotnya ban kapten Xhaka, Emery memberikannya kepada Pierre-Emerick Aubameyang. "Aubameyang yang pertama (kapten) karena dia berpengalaman dan dia memiliki rasa hormat dari ruang ganti," ujar Emery.

"Dia adalah pencetak gol terbanyak tahun lalu di liga dan saya tahu dia perlu waktu untuk mengambil tanggung jawab itu 100% tetapi kami akan mendukungnya."

Arsenal yang berada di urutan kelima, enam poin di belakang Leicester dan Emery berada di bawah tekanan setelah memenangkan dua dari sembilan pertandingan liga terakhir mereka tetapi dia mengatakan dia belum berdiskusi dengan dewan mengenai masa depannya.

"Kami berbicara tentang proses untuk terus bekerja dan mereka (dewan) tidak menunjukkan keraguan kepada saya," katanya.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak