Kualifikasi MotoGP Emilia-Romagna 2024, Francesco Bagnaia Pole Position

Sabtu, 21 September 2024 - 17:00 WIB
loading...
Kualifikasi MotoGP Emilia-Romagna...
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, mengamankan pole position setelah sesi kualifikasi MotoGP Emilia-Romagna 2024 di Sirkuit Misano pada Sabtu (21/9/2024) sore WIB. Foto/Marca
A A A
EMILIA-ROMAGNA - Sesi kualifikasi MotoGP Emilia-Romagna 2024 telah selesai dihelat selama 30 menit di Sirkuit Misano pada Sabtu (21/9/2024) sore WIB. Hasilnya, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia , mengamankan pole position.

Bagnaia menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi setelah membukukan waktu 1 menit 30,031 detik dan menjadi rekor baru di Sirkuit Misano. Dia unggul 0,214 detik atas Jorge Martin dan 0,533 detik atas Enea Bastianini di posisi ketiga.

Sementara itu, Marc Marquez sempat terjatuh di sesi kualifikasi ini. Alhasil, dia harus puas start dari posisi ketujuh.



Pada sesi Kualifikasi 1 (Q1), pertarungan sengit terjadi di antara 11 pembalap yang mengaspal di Sirkuit Misano. Tampak hanya Alex Rins yang tak beraksi karena kondisinya dikabarkan tengah sakit.

Terjadi aksi silih berganti posisi di tempat teratas karena mereka sama-sama ngotot mengincar dua tiket ke Kualifikasi 2 (Q2). Miguel Oliveira, Brad Binder, Augusto Fernandez, Raul Fernandez hingga Joan Mir bersaing cukup ketat.

Pada akhirnya Binder dan Oliveira yang berhasil menyegel tiket ke Q2. Sang bintang KTM Red Bull membukukan waktu tercepatnya di angka 1 menit 31,070 detik, unggul 0,076 detik atas Oliveira.

Memasuki sesi Q2, terjadi persaingan yang tak kalah sengit. Francesco Bagnaia, sempat memimpin catatan waktu tercepat di menit-menit awal.



Namun, setelah itu, Jorge Martin merebut singgahsananya dengan mencatatkan waktu 1 menit 30,245 detik. Bagnaia masih berada di belakangnya dengan selisih 0,344 detik, dan diikuti oleh Pedro Acosta dan Marc Marquez, yang masing-masing terpaut 0,4 dan 0,6 detik darinya.

Marquez berusaha untuk mengalahkan catatan waktu milik Martin setelah itu. Namun sayang, dia terjatuh saat menikung di area Sektor 2 sehingga lapnya dibatalkan.

Posisi empat teratas masih belum berubah hingga tersisa waktu dua menit. Setelah itu, Pecco -sapaan Bagnaia- memperbaiki waktunya menjadi berselisih 0,097 detik saja dari Martin sehingga dia naik ke urutan kedua menggeser Acosta.

Pada akhirnya, di detik-detik terakhir, Pecco sukses mengamankan pole position. Rider Ducati Lenovo itu membukukan waktu 1 menit 30,031 detik, lebih cepat 0,214 detik dari Martin, yang berakhir di posisi kedua.

Sementara itu posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Bastianini dan Binder di depan Acosta. Sedangkan Marquez merosot ke urutan ketujuh di belakang Marco Bezzecchi.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)