3 Wasit yang Merampok Kemenangan Timnas Indonesia

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 09:53 WIB
loading...
3 Wasit yang Merampok...
Timnas Indonesia sepertinya tengah dihantui kutukan dipimpin wasit dari Timur Tengah / Foto: Kolase
A A A
Timnas Indonesia sepertinya tengah dihantui kutukan dipimpin wasit dari Timur Tengah. Ungkapan itu sering digunakan untuk menggambarkan situasi saat pasukan Shin Tae-yong merasa dirugikan secara terus menerus akibat keputusan yang dibuat juru pengadil lapangan hijau yang dianggap tidak adil.

Situasi ini tentunya membuat penggemar sepak bola di Tanah Air merasa frustrasi. Hal ini disebabkan lantaran Timnas Indonesia kerap dirugikan dengan hasil pertandingan dan seharusnya itu bisa dimenangkan jika saja keputusan wasit lebih adil.

Menilik rekam jejak dalam lima pertandingan terakhir, empat wasit dari Timur Tengah memimpin laga Timnas Indonesia. Sementara satu laga lainnya dipimpin juru pengadil asal Australia.



Menariknya, dari empat laga yang dipimpin wasit asal Timur Tengah, Timnas Indonesia hanya meraup satu kemenangan. Itu terjadi saat mengalahkan Filipina dengan skor 2-0.

Sementara tiga lainnya berakhir imbang melawan Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2). Jika sebuah tim kerap mengalami keputusan wasit yang merugikan dalam beberapa pertandingan secara beruntun, tak mengherankan jika muncul anggapan bahwa ada semacam kutukan yang menimpa tim tersebut.




Berikut 3 Wasit yang Merampok Timnas Indonesia

1. Indonesia vs Qatar 0-2


Timnas menandai laga pembuka Piala Asia U23 2024 dengan hasil yang kurang memuaskan setelah dikalahkan Qatar dengan skor 0-2 di Stadion Jassim bin Hamad, Senin (15/4/2024). Satu hal yang paling menyita perhatian penggemar sepak bola di Tanah Air adalah kepemimpinan Nasrullo Kabirov.

Ada beberapa keputusan Nasrullo Kabirov yang dinilai kontroversial dan merugikan Timnas Indonesia. Salah satu keputusan yang menuai sorotan adalah ketika Qatar mendapat penalti setelah Rizky Ridho dianggap melanggar Mahdi Salem.

Awalnya, wasit asal Uzbekistan itu memberikan pelanggaran kepada Indonesia karena Salem dianggap menahan badannya sehingga membuat Rizky terjatuh. Namun, Kabirov mengubah keputusannya dan memberikan penalti untuk Qatar usai melihat tayangan ulang melalui Video Assistant Referee (VAR).

2. Arab Saudi vs Timnas Indonesia 1-1


Adham Makhadmeh, yang bertugas memimpin pertandingan ini benar-benar menyita perhatian penggemar sepak bola di Tanah Air. Wasit asal Yordania itu sebenarnya sudah tak asing di telinga penggemar Timnas Indonesia mengingat ia pernah ditunjuk memimpin Liga 1 Indonesia musim 2024/2025.

Beruntungnya, pada laga ini tak banyak drama terjadi. Sepanjang 90 menit pertandingan, Adham Makhadmeh mencoba untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

3. Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2


Hasil imbang 2-2 melawan Bahrain meninggalkan trauma mendalam bagi penggemar Timnas Indonesia. Emosi mereka seolah tak tertahankan melihat beberapa keputusan kontroversial yang dibuat Ahmed Al Kaf.

Yang paling membuat penggemar naik pitam saat Ahmed Al Kaf tidak meniup peluit penanda berakhirnya pertandingan saat waktu menunjukkan menit 90+6. Juru pengadil asal Oman ini tetap melanjutkan pertandingan hingga menit 90+9' atau sampai Bahrain mencetak gol penyeimbang yang dicetak Mohamed Mahron.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)