Senny Marbun: Indonesia Cetak Hat-trick ASEAN Para Games selama Pemerintahan Jokowi

Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:14 WIB
loading...
A A A
Gelar juara umum kembali diulangi saat Indonesia turun sebagai tuan rumah pada tahun 2022, di mana skuad Merah Putih mampu memboyong total 425 medali dengan rincian 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Selain itu, gelaran ASEAN Para Games 2022 juga menjadi momentum untuk membangkitkan semangat kesetaraan, inklusivitas, dan produktivitas tanpa membedakan.

Salah satu bentuk kesetaraan tersebut adalah pemberian bonus yang sama dengan yang diraih atlet pada ajang SEA Games, yang sampai saat ini terus dilakukan Presiden Joko Widodo.

Kesuksesan ini juga tak lepas dari peran Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Dia menaruh perhatian besar atas talenta atlet disabilitas.

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebangaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu ketiga kali beruntun," kata Menpora Dito Ariotedjo, Sabtu (10/6/2026)

"Lebih istimewa lagi, pada edisi kali ini merupakan perolehan medali terbanyak ketika tidak menjadi tuan rumah, ini merupkan sejarah. Bahkan untuk medali perak dan perunggu."

Menpora Dito juga memaparkan, hasil yang didapatkan Indonesia saat menjadi tuan rumah pertama kali pada 2011 silam, juga terus memacu semangat seluruh atlet dan semakin melonjak hingga mampu mencatatkan tiga gelar juara umum beruntun.

Menpora Dito juga menyampaukan bahwa ajang Peparnas juga menjadi wadah bagi para atlet untuk menunjukkan kualitasnya. Mereka yang bertanding jelas mempunyai peluang untuk bisa masuk ke pemusatan latihan nasional (pelatnas).

Kedepan, para atlet yang mampu bersaing nantinya tidak menutup kemungkinan bisa menjadi wakil Indonesia dalam panggung internasional.

"Tentu target kita bagaimana kontingen Indonesia mampu bersaing di level Asia bahkan dunia seperti Paralimpiade," sebut Menpora Dito.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)