Mengapa Shin Tae-yong Baru Mainkan Thom Haye di Babak Kedua?

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:51 WIB
loading...
Mengapa Shin Tae-yong...
Mengapa Shin Tae-yong Baru Mainkan Thom Haye di Babak Kedua? Foto: Tangkapan Layar
A A A
TANGERANG - Pelatih Timnas Indonesia , Shin Tae-yong menjawab kritik soal rotasi pemain yang dilakukannya saat pertandingan melawan China. Shin mengatakan, rotasi dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan taktik.

Shin Tae-yong dibanjiri kritik setelah Timnas Indonesia ditekuk China (1-2) di laga keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan itu digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, China pada Selasa (15/10/2024) lalu.

Selepas pertandingan, Shin dikritik karena rotasi pemain yang dilakukannya dalam pertandingan tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu menanggalkan beberapa pemain yang bermain bagus dalam laga sebelumnya.



Beberapa pemain seperti Thom Haye dan Malik Risaldi diputuskan untuk menjadi cadangan. Shin memilih untuk memasukkan para pemain itu pada babak kedua. Hasilnya, Timnas Indonesia tertinggal dua gol pada babak pertama namun bisa mencetak gol pada paruh kedua.

Soal kritik ini, Shin mengatakan rotasi dibutuhkan Timnas Indonesia untuk menjaga kondisi kebugaran para pemain. Pelatih berusia 54 tahun itu mengambil contoh Thom Haye yang menurutnya tak bisa bermain sejak awal pertandingan melawan China.

“Memang secara strategi saja. Maksudnya Thom (Haye) dimainkan sengaja pada babak kedua karena secara fisik memang kurang. Dia (Thom Haye) tidak bisa bermain 90 menit,” jelas Shin kepada awak media di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dikutip pada Kamis (17/10/2024).

“Dan apalagi lawan (China) lebih kuat pada babak pertama. Jadi, tadinya secara taktik pada babak pertama itu tidak kemasukan gol. Pada babak kedua bisa cetak dua gol lebih,” sambungnya.

Namun memang disayangkan, strategi yang diterapkan oleh Shin tidak sesuai dengan rencana. Timnas Indonesia pun harus mengakui kemenangan China pada pertandingan itu.

“Tetapi, hasilnya tidak seperti itu (sesuai rencananya). Jadi, sangat disayangkan. Memang secara taktik itu Thom (Haye) mau dimainkan pada babak kedua,” ujarnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia masih mempunyai peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Saat ini, Skuad Garuda berada di urutan kelima klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin dari empat pertandingan.

Pasukan Shin Tae-yong masih memiliki enam pertandingan tersisa, dengan rincian empat laga kandang dan dua laga tandang. Terdekat, Timnas Indonesia akan berstatus sebagai tuan rumah saat menjamu Jepang (15/11/2024) dan Arab Saudi (19/11/2024).
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0758 seconds (0.1#10.140)