Kemenangan Dirampok, Dmitry Bivol Layangkan Protes ke 4 Badan Tinju Dunia

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 08:08 WIB
loading...
Kemenangan Dirampok,...
Kemenangan Dirampok, Dmitry Bivol Layangkan Protes kepada 4 Badan Tinju Dunia
A A A
Kemenangan dirampok, Dmitry Bivol mengajukan protes kepada empat badan tinju dunia atas penilaian yang menyatakan bahwa ia kalah angka mutlak dari Artur Beterbiev pada hari Sabtu dalam perebutan gelar juara dunia kelas berat ringan yang tak terbantahkan di Arab Saudi. Langkah tersebut, yang diajukan oleh pengacara Dmitry Bivol, Pat English, tidak diharapkan dapat membatalkan keputusan tersebut, namun hal ini dapat menjadi amunisi tambahan dalam upaya Bivol untuk mendapatkan duel ulang dengan Artur Beterbiev (21-0, 20 KO).

Saat kehilangan sabuk World Boxing Association miliknya, Bivol (23-1, 12 KO) melihat para juri, Manuel Oliver Palomo memberikan angka sama (114-114), Glenn Feldman (115-113) dan Pawel Kardyni (116-112), memberikan kemenangan angka mutlak bagi Beterbiev.

Baca Juga: Maag Sembuh, Mike Tyson: Aku Pukul KO Dia, Jake Paul Akan Tamat!

Statistik pukulan CompuBox mencerminkan selisih yang tipis, dengan Bivol mengungguli Beterbiev 142-137 dalam jumlah pukulan dan jab, sementara Beterbiev bangkit untuk memenangkan tiga ronde terakhir dan mengungguli Bivol, 90-84, dalam jumlah pukulan.

Agen tinju asal Arab Saudi, Turki Alalshikh, telah menyatakan ketertarikannya untuk mengadakan pertandingan ulang setelah pertarungan yang menghibur dan kompetitif ini dan Bivol menginginkan kesempatan kedua mengingat kemampuannya untuk menjadi orang pertama yang mampu mengalahkan Beterbiev, yang saat ini berusia 39 tahun.

Protes ini mengikuti preseden protes kelas berat Lennox Lewis pada tahun 1999 terhadap perebutan gelar pertamanya melawan Evander Holyfield, yang secara universal dianggap sebagai "parodi" karena juri Eugenia Williams (115-113 Holyfield) dan Larry O'Connell (115-115) menyebabkan hasil imbang dan akhirnya meminta maaf atas kartu penilaian mereka dalam pertandingan yang tampaknya dimenangkan oleh Lewis.

Kubu Bivol, termasuk promotor Eddie Hearn, sangat kecewa dengan keputusan juri Kardyni. Hanya sedikit yang melihat laga ini dengan perbedaan yang begitu besar, dan Hearn mengatakan bahwa Kardyni seharusnya tidak pernah melakukan perebutan gelar lagi.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0509 seconds (0.1#10.140)