Pembinaan Klub Ujung Tombak Prestasi Indonesia

loading...
Pembinaan Klub Ujung Tombak Prestasi Indonesia
Deret prestasi bulu tangkis di Indonesia tidak lepas dari peran klub-klub olahraga bulu tangkis. Foto/dok
JAKARTA - Deret prestasi bulu tangkis di Indonesia tidak lepas dari peran klub-klub olahraga bulu tangkis. Salah satunya adalah PB Djarum yang banyak menyumbangkan atlet terbaiknya menjadi atlet nasional.

Dalam beberapa tahun terakhir, PB Djarum terus aktif dalam menciptakan atlet untuk meningkatkan prestasi bulu tangkis Indonesia. Saat ini ada beberapa nama yang masih diperhitungkan di dunia, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, serta ganda campuran juara All England 2020 Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (Baca: Gugus Tugas Waspadai Klaster Pilkada Serentak di Jabar)

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin mengakui bahwa untuk bisa menciptakan atlet berprestasi sebenarnya tidak mudah. Pihaknya selalu berusaha keras dalam mencari bibit-bibit potensi pebulu tangkis muda dari berbagai daerah. Karena itu, PB Djarum melakukannya dengan cara menyelenggarakan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis.

Yoppy juga tidak menampik bahwa kehadiran klub-klub kecil dari berbagai daerah sangat penting. Dia mengakui rata-rata pemain bulu tangkis Indonesia banyak yang berawal dari klub kecil. Hal itu terlihat ketika Audisi Umum PB Djarum di mana banyak talenta hebat, salah satunya mendapatkan Kevin Sanjaya Sukamuljo.



“Kevin untuk bisa meraih sukses juga membutuhkan proses. Dia membutuhkan waktu 10 tahun untuk bisa sampai di sini. Jadi, tidak mudah untuk bisa mendapatkan atlet yang prestasi. Tapi, kami selalu berusaha terus untuk menciptakan atlet hebat,” kata Yoppy. (Baca juga: Berat, Ternyata Banyak Masalah yang Menghadang UMKM)

Melalui proses seleksi yang dijalankan PB Djarum tersebut, klub bulu tangkis yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah, ini telah banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi di tingkat dunia dan mengharumkan nama bangsa. Saat ini PB Djarum membina 216 atlet, dengan 39 orang di antaranya sudah bergabung bersama Pelatnas PBSI.

Meski begitu, Yoppy sangat berharap klub-klub kecil juga bisa berkembang dalam menghasilkan atlet berpestasi untuk Indonesia. Pasalnya, pebulu tangkis dari PB Djarum, Jayaraya, Exist, Mutiara Cardinal, dan beberapa klub besar lainnya, masih mendominasi Pelatnas PP PBSI.



Sementara itu, Manajer PB Djarum Fung Permadi mengatakan, butuh perjuangan ekstra dalam menghasilkan atlet berprestasi untuk Indonesia. Sebab, dari ratusan atlet yang sudah dibinanya, justru lebih banyak atlet yang gagal dibandingkan meraih kesukesan. (Baca juga: Kemendikbud Khawatir Banyak Anak Putus Sekolah karena Covid-19)
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top