Dua Sektor yang Perlu Dibenahi jika Liverpool Ingin Pertahankan Gelar

Sabtu, 12 September 2020 - 02:04 WIB
loading...
Dua Sektor yang Perlu Dibenahi jika Liverpool Ingin Pertahankan Gelar
Liverpool akan mengawali laga pembuka Liga Inggris 2020/2021 dengan menjamu Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (12/9/2020) WIB / Foto: Youtube
A A A
LIVERPOOL - Liverpool akan mengawali laga pembuka Liga Inggris 2020/2021 dengan menjamu Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (12/9/2020) WIB. Pertanyaan pun muncul mampukah Si Merah menirukan keberhasilan duo Manchester (United dan City) yang mampu memertahankan trofi juara di kompetisi domestik?

Musim lalu, Liverpool berhasil mengakhiri dahaga gelar juara selama 30 tahun setelah menduduki peringkat pertama pada klasemen akhir Liga Inggris. Tapi bukan berarti Juergen Klopp puas dengan raihan tersebut. (Baca juga: Liverpool Senyap di Bursa Transfer, Klopp Sindir Chelsea: Kami Bukan Klub Milik Negara dan Oligarki )

Karena itu, Klopp mencoba untuk membenahi skuatnya sebelum menyambut kompetisi Liga Inggris musim ini. Sejauh ini The Reds terbilang irit pengeluaran, sebab mereka baru mendatangkan Kostas Tsimikas dari Olympiakos sebesar 11,75 juta poundsterling.

Liverpool masih memiliki peluang untuk menambah amunisinya mengingat jendela bursa transfer musim panas ini baru ditutup pada 5 Oktober mendatang. Jamie Redknapp, yang notabene merupakan mantan pemain Si Merah meyakini jika klub besutan Klopp bisa memertahankan gelar Liga Inggris.

Asalkan, kata Redknapp, Klopp mampu mendatangkan pemain sesuai dengan kebutuhkan tim. Ada dua bagian penting dari bisnis transfer musim panas ini yang perlu dilakukan untuk memperkuat tim.

Pertama, mendatangkan Thiago untuk memperkuat lini tengah Liverpool. Kedua, mencari pengganti Dejan Lovren. Pada bagian kedua ini patut mendapatkan perhatian Klopp mengingat Liverpool hanya mengandalkan Joel Matip, Joe Gomez, dan Virgil van Dijk.

Dari sudut pandang pakar sepak bola, jika salah satu dari ketiga pemain itu mengalami cedera maka lini pertahanan Liverpool dipastikan bakal rapuh. Karena itu, Redknapp berpesan pada Klopp untuk segera mencari pengganti Lovren.

"Saya pikir mereka dalam posisi yang bagus untuk memenangkan trofi juara Liga Inggris. Sejarah menunjukkan Anda harus keluar dan merekrut satu atau dua pemain untuk memperkuat skuat, dan saya pikir orang-orang telah mengatakan itu dalam beberapa pekan terakhir. 'Mengapa Liverpool belum mencoba mendapatkan Thiago atau memasukkan satu atau dua pemain memperkuat area bek tengah?" ungkap Redknapp dikutip dari Sky Sports.

"Terutama ketika Gomez mengalami cedera dan Matip tidak selalu bisa bermain sepanjang musim, Anda mungkin berpikir itu mungkin area di mana mereka bisa berjuang."

Namun, terlepas dari sikap diam Liverpool di bursa transfer musim ini, Redknapp yakin mereka memiliki apa yang diperlukan untuk mengatasi tantangan City musim ini. Meski ia berharap tim asuhan Pep Guardiola lebih kuat secara bertahan dengan tambahan Nathan Ake dari Bournemouth. (Baca juga: Liverpool Celaka jika Tak Beli Pemain Bintang )

"Saya pikir itu antara City dan Liverpool, dan saya akan mengatakannya sekarang, saya pikir Liverpool akan memertahankan gelar. Saya pikir mereka memiliki tim yang luar biasa di sana dan kebersamaan yang sangat sulit ditemukan. Dan Juergen Klopp telah membuat itu bekerja dengan sangat baik. Jika Anda melihat City, tidak banyak pemain di luar sana yang bisa Anda rekrut sekarang. Nathan Ake dipandang sebagai rekrutan yang masuk akal. Dia pemain yang bisa bermain di banyak posisi,” kata Redknapp.

"Sebagai seorang pemuda ia bermain di posisi gelandang bertahan, jika Anda menginginkan perlindungan. Jelas Fernandinho tidak semakin muda dan ia salah satu yang terbaik yang pernah ada. Ia juga bisa bermain sebagai bek kiri dan ia bisa bermain di tengah. Tapi mereka sedang mencari kemitraan di pertahanan tengah karena tahun lalu mereka memiliki banyak waktu berbeda di mana mereka bermain Nicolas Otamendi atau John Stones, Aymeric Laporte atau Fernandinho, mereka tidak pernah benar-benar melakukannya dengan benar di area itu."

"Tapi dengan seseorang seperti Nathan Ake, fans City mungkin akan bergairah dia pemain yang berkualitas. Dia tahu permainannya, dia punya kaki kiri yang brilian, musim semi yang luar biasa mengingat dia bukan pemain tertinggi di dunia. Tentu saja, City akan menjadi luar biasa kuat tapi saya tidak berpikir mereka akan sekuat Liverpool," pungkas Redknapp.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)