Pertemuan Dua Juara Jadi Ajang Adu Taktik Klop dan Bielsa

Sabtu, 12 September 2020 - 12:35 WIB
loading...
Pertemuan Dua Juara Jadi Ajang Adu Taktik Klop dan Bielsa
Kolase Marcelo Bielsa dan Juergen Klopp. Foto/dok
A A A
LIVERPOOL - Liga Primer musim 2020/2021 dibuka sang juara bertahan Liverpool yang menjamu tim juara Championships Leeds United, nanti malam. Pertandingan di Anfield Stadium sekaligus adu taktik dan strategi dua pelatih hebat, Juergen Klopp versus Marcelo Bielsa.

Baik Klopp maupun Bielsa memang layak menyandang dua dari sedikit pelatih terbaik di dunia sepak bola saat ini. Klopp, misalnya. Secara fenomenal dia sukses membawa Liverpool menyudahi 30 tahun puasa gelar Liga Primer, menjuarai Liga Champions, Piala Super Eropa (Eropa), dan Kejuaraan Dunia Antarklub. (Baca: Sektor Transportasi Darat Masih Meraba PSBB Total ala Gubernur Anies)

Semuanya dilakukan Klopp melalui karisma dan kekuatan kepribadiannya sendiri. Kesuksesan Liverpool seolah bersimbiosis dengan dia dan karakternya. Adapun Bielsa, pelatih karismatik asal Argentina, telah merevolusi sepak bola dengan taktiknya dan membawa Leeds kembali ke Liga Primer untuk pertama kali dalam 16 tahun.

Bielsa secara luas dianggap sebagai salah satu pelatih terhebat dan paling inovatif di dunia sepak bola. Boleh dibilang The Whites, julukan Leeds, beruntung memilikinya. Bielsa adalah pria yang menempuh jalannya sendiri dan berjalan di jalan hidupnya sendiri dan akan duduk di ember atau apa pun yang dia inginkan.

Berkat kerja keras dan kegilaannya, pelatih berusia 68 tahun itu telah mencapai sesuatu yang luar biasa hanya dalam dua musim, sesuatu yang telah dicoba dan gagal dilakukan 20 pelatih Leeds sebelumnya: membawa tim dipromosikan ke Liga Primer. Dari sisi permainan, Leeds terlihat hebat dan atraktif di bawah komando Bielsa.

Berbagai kelebihan dan karisma yang dimiliki Klopp dan Bielsa membuat Liga Primer musim ini semakin menarik. Level kepelatihan mereka mungkin hanya bisa disamai Pep Guardiola (Manchester City) dan Jose Mourinho (Tottenham Hotspur). Uniknya, Klopp dan Bielsa justru saling lempar pujian satu sama lain. Wajar jika pertemuan Liverpool dan Leeds akan terasa menegangkan.

Januari lalu, Klopp memuji Bielsa sebagai pelatih sekaligus teladan yang luar biasa. Hal itu dibalas pernyataan kekaguman Bielsa terhadap kinerja Klopp di Liverpool pada bulan Juni. Dia menilai performa The Reds musim 2019/2020 adalah contoh yang hebat bagi tim mana pun.

Reputasi hebat keduanya bakal diuji saat Liverpool menjamu Leeds di Anfield pada pertandingan perdana Liga Primer, nanti malam. Antusiasme ditunjukkan Klopp. Bos asal Jerman itu mengatakan Leeds adalah ujian sulit bagi timnya yang berstatus juara bertahan. (Baca juga: Mahfud MD Kembali Tegaskan Pemerintah Tak Akan Menunda Pilkada 2020)

Meski demikian, Klopp menegaskan Liverpool sangat siap menghadapi siapa pun lawannya. Kemenangan atas Leeds menjadi modal penting lantaran jadwal James Milner dkk di pekan-pekan awal Liga Primer musim ini terbilang sulit. Setelah Leeds, Liverpool akan menghadapi Chelsea, Minggu (20/9), dan Arsenal, Selasa (29/9).

“Saya tahu, kami memiliki awal musim yang sangat sulit. Kami mulai melawan Leeds, yang telah menunggu 16 tahun untuk kembali ke Liga Primer. Pertandingan pertama, manajer kelas dunia (Bielsa) dan banyak lagi. Itu akan sangat sulit karena Leeds bermain sangat baik. Ini menarik, tapi saya tidak terlalu khawatir,” kata Klopp, dilansir leeds-live.co.uk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)