Menanti Transformasi Chelsea

Senin, 14 September 2020 - 12:35 WIB
loading...
Menanti Transformasi Chelsea
Pelatih Chelsea Frank Lampard. Foto/Reuters
A A A
EAST SUSSEX - Menjadi tim paling agresif pada bursa transfer musim panas ini, ekspektasi fans terhadap Chelsea jelas begitu tinggi. Performa apik The Blues begitu dinantikan saat bertandang ke The American Express Community Stadium, markas Brighton & Hove Albion pada laga perdana Liga Primer, dini hari nanti.

Besarnya harapan publik terhadap Chelsea mengacu pada mewahnya skuad The Blues musim ini. Tercatat sepanjang bursa transfer musim panas tim milik Roman Abramovich tersebut menghabiskan 230 juta poundsterling untuk mendatangkan lima pemain, yakni Timo Werner seharga 47,7 juta poundsterling, Hakim Ziyech (36 juta poundsterling), Ben Chilwell (45,1 juta poundsterling), Thiago Silva dan Malang Sarr (gratis), serta Kai Havertz (89 juta poundsterling). (Baca: Wabah Corona, Bolehkah Salat Memakai Masker?)

Investasi besar-besaran Chelsea sepanjang musim panas ini diharapkan berdampak pada kinerja di lapangan. Terlebih musim lalu, dengan skuad seadanya lantaran sanksi bursa transfer, Chelsea sukses finis di urutan keempat Liga Primer dan lolos ke final Piala FA. Namun, Lampard meminta fans bersabar. Pelatih berusia 41 tahun itu menilai Chelsea sedang dalam proses berkembang dan akan berjuang keras memberikan kemampuan terbaik untuk sukses musim ini.

“Saya mengerti bahwa (orang-orang melihat Chelsea sebagai penantang) dan saya berharap fans Chelsea bersemangat karena kami telah mendatangkan pemain level tinggi. Tapi, saya tahu apa yang diperlukan untuk memenangkan Liga Primer. Kami tahu ekspektasi ada di sana, tetapi kami fokus untuk berkembang dan tidak terlalu terburu-buru,” kata Lampard dilansir metro.co.uk.

Kejelian Lampard meramu tim yang solid mendapatkan tantangan pada pekan pertama Liga Primer musim ini. Pasalnya, tiga dari lima rekrutan anyar dipastikan absen melawan Brighton. Lampard mengonfirmasi Ziyech absen karena cedera lutut yang dialami dalam laga persahabatan pramusim melawan tim yang sama, 10 hari lalu.

Chilwell juga sedang dirawat karena cedera lutut, sedangkan Silva yang berpengalaman, baru melakukan sesi latihan pertamanya dengan rekan satu tim pada akhir pekan lalu.

“Ziyech mengalami cedera lutut dan dia tidak akan fit, mudah-mudahan ini hanya beberapa minggu, kita harus lihat. Chilwell berusaha mencapai kebugaran, tetapi dia belum fit. Dia berkembang dan meningkat, jadi ini kabar baik. Sementara Silva sekarang di London, tapi dia tidak berlatih bersama kami sampai akhir pekan,” ungkap Lampard.

Meski demikian, Chelsea tetap memiliki komposisi skuad mumpuni, terutama di lini depan. Duet Werner dan Havertz yang musim lalu mencetak 52 gol bagi Bayer Leverkusen, diharapkan membuat The Blues tetap garang melawan Brighton. Mereka akan didukung Callum Hudson-Odoi dan Mason Mount. Sedangkan di lini tengah diisi N’Golo Kante dan Jorginho. (Baca juga: PSBB Jilid II dari Anies Kantongi Dukungan dari Kadin)

Chelsea juga difavoritkan membawa pulang tiga poin. Tercatat dari lima pertemuan terakhir di Liga Primer, Cesar Azpilicueta dkk tidak terkalahkan kala bersua Brighton (empat menang dan satu imbang).

Sementara dari kubu lawan, Brighton juga menargetkan mengawali musim ini dengan kemenangan. Musim lalu, tim berjuluk The Seagulls tersebut finis di urutan 15 Liga Primer. Kedatangan pemain-pemain anyar, seperti Joel Veltman dan Adam Lallana serta memperpanjang kontrak Lewis Dunk dan Ben White menjadi keseriusan Brighton untuk tidak sekadar bertahan di Liga Primer, melainkan bertransformasi menjadi tim papan tengah.

Optimisme itu dilontarkan Dunk. Dia menganggap keberadaan pelatih Graham Potter sejak musim lalu telah membawa dampak signifikan terhadap tim. Bek berusia 28 tahun itu mengungkapkan metode dan taktik Potter bakal membantu Brighton tampil lebih baik di Liga Primer musim ini. (Lihat videonya: Peran Ki Gede Sala dalam Berdirinya Kota Solo)

“Caranya (Potter) melatih dan mengelola skuad luar biasa. Semua pemain menikmati bekerja dengannya dan senang menjadikannya sebagai ayah. Kami telah mengikuti cara bermain yang diinginkannya, dan semoga kami bisa menunjukkannya di lapangan musim ini,” kata Dunk. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)