Aji Ingin Persebaya Surabaya Maksimalkan Situasi Bola Mati

Minggu, 20 September 2020 - 18:05 WIB
loading...
Aji Ingin Persebaya Surabaya Maksimalkan Situasi Bola Mati
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso terus menggembleng pasukannya jelang dilanjutkannya Liga 1 2020. Foto: liga-indonesia.
A A A
SURABAYA - Pelatih Persebaya Surabaya , Aji Santoso terus menggembleng pasukannya jelang dilanjutkannya Liga 1 2020 . Kali ini dia fokus meningkatkan kemampuan pemain dalam mengesekusi bola mati atau set piece.

(Baca Juga: Bale Ingin Tularkan Mental Juara Madrid ke Tottenham )

Aji menyatakan set piece merupakan bagian dari strateginya untuk mencetak gol. Pelatih berusia 50 tahun itu menjelaskan set piece bisa menjadi senjata Bajul Ijo untuk memecah kebuntuan ketika menghadapi lawan yang bertahan total.

Karena itu Aji memerintahkan kepada pemainnya untuk terus melatih tendangan bebas dan penjuru. Mantan nakhoda Persela Lamongan itu menilai perlu latihan rutin agar bisa mengubah bola mati menjadi gol.

Menurutnya eksekusi bola mati perlu dilakukan secara berulang dan pastinya membutuhkan waktu. Harapannya agar penerapannya dapat dilakukan secara alami tanpa kesalahan. Bila sudah sampai tahap itu, maka peluang meraih kemenangan bisa semakin besar.

“Kita mematangkan kemampuan free kick dan corner kick kepada seluruh pemain. Sebab, ini bagian dari taktik yang akan kita gunakan dalam kompetisi nanti. Ini tidak bisa asal latihan sekali dua kali saja. Tapi, harus berulang-ulang supaya terjadi otomatisasi saat pertandingan,” ujar Aji.

Meski meminta semua pemainnya melatih set piece, Aji sejatinya sudah punya pilihan yang akan menjadi spesialis eksekutor bola mati bagi Persebaya. Namun, dia masih enggan menyebut siapa orangnya.

(Baca juga: Jaron Ennis Jatuhkan Abreu 3 Kali, Perpanjang Rekor Menang KO 24 Kali )

Selain pemanfaatan set piece, Aji juga fokus dalam transisi permainan tim baik menyerang maupun bertahan. “Pasti kita sudah punya daftar nama siapa-siapa yang mengeksekusi free kick. Bagaimana menyerang, bagaimana kita defending corner kick semua sudah kita ajarkan,” tutupya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)