Klub La Liga Mulai Gelar Latihan, Asosiasi Pemain Tolak Isolasi

Selasa, 05 Mei 2020 - 11:45 WIB
loading...
Klub La Liga Mulai Gelar Latihan, Asosiasi Pemain Tolak Isolasi
Foto/Istimewa
A A A
MADRID - Dimulainya kembali kegiatan olahraga, Senin (4/5), di bawah protokol yang ditetapkan Olahraga Nasional Council (CSD), yang disetujui Kementerian Kesehatan Spanyol, membangkitkan asa negara tersebut segera keluar dari situasi sulit.

Lancarnya koordinasi dan lampu hijau yang diberikan membuat semua pihak senang, tak terkecuali sepak bola. Presiden Primera Liga Javier Tebas mengucapkan terima kasih kepada staf badan olahraga Spanyol yang dinilai sangat membantu sepak bola dan kompetisi olahraga lainnya kembali, setelah pemberlakuan aturan lockdown akibat Covid-19 perlahan dilonggarkan.

“Terima kasih untuk pekerjaan yang dilakukan kita semua, CSD, kementerian kesehatan, klub, federasi, dan atlet yang telah memungkinkan kembalinya berlatih dengan keamanan maksimal. Mereka mungkin siap kembali berkompetisi, hal yang paling diinginkan oleh semua orang," ungkap Tebas, dilansir Marca.

Tebas kini berharap semua protokol berjalan dengan baik. Protokol CSD menetapkan bahwa empat fase perlu diselesaikan sebelum olahraga profesional dapat dilanjutkan. Awal, yaitu fase 1, akan menjadi kembalinya pelatihan individu atau dasar, di mana tim medis klub harus memeriksa atlet dan mengujinya untuk Covid-19.

Mereka yang positif, bahkan jika tanpa gejala, tidak diperkenankan berlatih olahraga. Mereka yang telah memperoleh hasil yang baik akan berlatih sendiri, terlepas dari apakah disiplin mereka bersifat individu atau kolektif. Mereka juga harus diisolasi, tempat tinggal olahraga, atau akomodasi sementara.

Klub-klub menyambut baik izin pemerintah terhadap aktivitas olahraga. Atletico Madrid berencana kembali ke pelatihan pada Jumat (8/5/2020). Para pemain akan diizinkan melanjutkan rutinitas latihan individu mereka di tempat latihan klub sambil mengikuti pedoman kesehatan dan keselamatan. Pada Rabu (6/5), para pemain akan menjalani tes Covid-19 dan hasilnya akan keluar dalam waktu dua hari.

Karena itu, pasukan Diego Simeone akan diizinkan kembali bekerja pada Jumat jika semuanya beres. Simeone tidak akan didampingi oleh banyak asistennya karena pembatasan jarak sosial.

Sebelumnya, Sabtu (2/5), CSD memberi lampu hijau pada protokol untuk kembali ke pelatihan olahraga sebagai langkah pertama sebelum liga olahraga profesional dapat melanjutkan bermain. Dokumen tersebut tampaknya menjadi pegangan untuk sepak bola dalam banyak aspeknya.

Masalahnya, Asosiasi Pesepak Bola Spanyol (AFE) merilis pernyataan yang menyatakan ketidaknyamanan mereka dengan banyak ketentuan. Mereka mengklaim isolasi pemain untuk periode dua bulan tidak konstitusional. Mereka meminta pimpinan Primera Liga duduk bersama menemukan solusi lebih adil.

AFE akan berkolaborasi setiap saat sehingga kerangka kerja yang ideal ditemukan dan tidak ada hambatan dimulainya kembali permainan sambil tetap fokus pada kesehatan dan keselamatan atlet. Banyak langkah perlu diselesaikan sebelum Primera Liga dimulai lagi dan semua mata akan tertuju pada pembuat keputusan AFE dan Primera Liga. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)