Kena Penalti Ganda, Hamilton: Mereka Mencoba Menghentikan Saya

Senin, 28 September 2020 - 08:05 WIB
loading...
Kena Penalti Ganda, Hamilton: Mereka Mencoba Menghentikan Saya
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menuduh steward Grand Prix Formula 1 (F1) Rusia berusaha menghentikan dirinya untuk menang/Foto/tangkapan layar/Reuters
A A A
SOCHI - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menuduh steward Grand Prix Formula 1 (F1) Rusia berusaha menghentikan dirinya untuk menang. Pembalap Inggris itu mendapat penalti ganda setelah melanggar prosedur start latihan FIA sebelum lomba.

Hamilton menyelesaikan dua latihan ilegal sebelum balapan dan diberi dua hukuman waktu tambahan lima detik (total 10 detik) atas pelanggaran tersebut. (Bacxa juga: Bottas Juara di Sochi, Setelah Hamilton Kena Hukuman ).

Para steward juga menghukum Hamilton dua poin penalti di lisensi supernya. Hukuman dua poin itu membuat Hamilton hanya berjarak dua poin saja dari larangan turun di satu balapan jika sudah mengoleksi 12 hukuman poin dalam periode 12 bulan.

FIA memberlakukan aturan itu pada 2014. Sejauh ini belum ada pembalap yang melebihi batas 12 poin penalti dan mendapat hukuman absen satu balapan. ( ).

Sepanjang musim 2020, Hamilton dihukum empat poin penalti di GP Austria akibat mengabaikan bendera kuning saat kualifikasi. Lalu, dua poin setelah insiden benturan dengan Alexander Albon. Dua poin lagi didapat Hamilton di Grand Prix Italia karena masuk jalur pit masih tertutup.

Hamilton yang start dari pole position di Sochi akhirnya finis ketiga di belakang pembalap Mercedes Valtteri Bottas dan driver Red Bull Racing Max Verstappen. Hamilton gagal menyamai rekor kemenangan Michael Schumacher sebanyak 91 kali. ( ).

“Saya harus kembali melihat bagaimana aturannya, apa sebenarnya kesalahan saya. Saya cukup yakin tidak ada yang pernah mendapat dua penalti lima detik untuk sesuatu yang sangat konyol sebelumnya," kata Hamilton kepada Sky setelah balapan.

“Saya tidak membahayakan siapa pun, saya telah melakukan ini pada jutaan trek selama bertahun-tahun dan tidak pernah ditanyai tentang hal itu. Tapi memang begitulah adanya."

Ditanya apakah dia merasa hukuman itu berlebihan, Hamilton menjawab: “Tentu saja, dan ini sudah diduga. Mereka mencoba menghentikan saya."

Ditekankan apakah dia benar-benar yakin FIA berusaha menghentikannya untuk menang, Hamilton berkata: “Tentu saja. Tapi tidak apa-apa. Saya hanya perlu tenang dan tetap fokus dan melihat apa yang terjadi."
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)