Selangkah Lagi Lakers Akhiri Puasa Gelar

Senin, 28 September 2020 - 13:35 WIB
loading...
Selangkah Lagi Lakers Akhiri Puasa Gelar
Trofi NBA 2020 sudah dalam jangkauan Los Angeles Lakers. Kini LeBron James dkk hanya tinggal selangkah lagi untuk mengakhiri puasa gelar. Foto/dok
A A A
LAKE BUENA VISTA - Trofi NBA 2020 sudah dalam jangkauan Los Angeles Lakers. Kini LeBron James dkk hanya tinggal selangkah lagi untuk mengakhiri puasa gelar kompetisi basket terbesar di Amerika Serikat itu dalam 10 tahun terakhir.

LA Lakers menjejakkan kaki di partai final NBA sebagai juara Wilayah Barat setelah mengalahkan Denver Nuggets 4-1. Kemenangan ini tak lepas atas permainan heroik di game kelima untuk mengalahkan Nuggets 117-107 di The Arena, kemarin. Kemenangan ini tidak hanya mengantar ke final, namun juga membuat Lakers berhasil mempersembahkan gelar Wilayah Barat ke-32 kali dalam sejarah tim dan melaju ke final NBA sejak 2010 lalu. Lakers tentu harus berterima kasih kepada bintangnya, LeBron James yang tampil apik di game tersebut.

Pebasket berusia 35 tahun ini sukses menciptakan 38 poin, 16 rebound, dan 10 assist, termasuk sembilan poin beruntun pada menit-menit akhir. Bahkan, dia juga menjadi pemain yang memiliki 27 kali triple double sepanjang babak playoff. (Baca: Berkata Kotor dan Keji, Dosa yang Sering Diremehkan)

Tidak hanya itu, James menjadi pemain keempat setelah Bill Russell, Sam Jones, dan Kareem Abdul-Jabar yang tampil di final NBA sebanyak 10 kali. Dia hanya butuh waktu dua musim untuk mengantar Lakers ke final, setelah gagal pada musim lalu karena dilanda cedera. Sebelumnya, dia secara beruntun melaju delapan kali ke final bersama Miami Heat dan Cleveland Cavaliers.

“Bagi saya pribadi pekerjaan ini belum selesai. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari pemain yang membawa tim ke tempat seharusnya. Bermain untuk kejuaraan dan bersaing untuk kejuaraan mewakili Wilayah Barat. Untuk inilah saya datang ke sini,” kata James dilansir thescore.

Keberhasilan ini membuat Lakers menjadi tim terbanyak tampil di final NBA dengan 32 kali. Mereka bahkan berpotensi menyamai dua rekor di bawahnya bila digabungkan. Boston Celtics berada di bawah Lakers dengan 21 kali final NBA dan Golden State Warriors mencetak rekor 11 kali final NBA. Bila jumlah rekor keduanya digabung, baru bisa menyamai catatan Lakers.

Meski begitu, status juara Wilayah Barat ini harus dibayar mahal dengan cedera yang menimpa Anthony Davis pada game itu. Dia mengalami masalah pergelangan kaki pada kuarter keempat dan harus meninggalkan lapangan. Sebelumnya, dia berhasil menyumbangkan 27 poin untuk Lakers. (Baca juga: Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Pemantau Kondisi Manula)

Namun, pebasket berusia 27 tahun ini mengaku tidak mengalami cedera serius. Apalagi Davis sangat antusias dengan keberhasilan timnya itu. Sebab, ini akan menjadi musim pertama dalam kariernya bisa merasakan bermain di laga final NBA. “Kami berjuang keras tahun ini sejak awal musim dan kami tahu pekerjaan belum selesai. Ini perasaan yang luar biasa tapi kami punya empat game lagi untuk dimenangkan,” katanya.

Di kubu Nuggets, Jerami Grant dan Nikola Jokic sama-sama mencetak 20 poin. Jamal Murray menyusul dengan 19 poin. Lalu Paul Millsap mencetak 13 poin. Sayangnya, timnya tetap gagal mengulang cerita putaran pertama dan kedua mereka yang bangkit dari ketertinggalan 1-3 saat melawan Utah Jazz dan LA Clippers. Meski gagal memuluskan target ke final NBA untuk pertama kali dalam sejarah tim, Nuggets tetap bangga membuat kejutan menembus final Wilayah Barat.

“Ini bukan tujuan akhir, tetapi untuk bisa melangkah sejauh dan mengejutkan banyak orang seperti yang kami lakukan, itu merupakan hal hebat. Jadi, kami akan kembali mencoba tahun depan dan untuk kembali lebih kuat,” ungkap Murray. (Lihat videonya: Dua Kelompok Ormas di Bekasi Selatan Terlibat Bentrok)

Di laga final NBA 2020, Lakers akan menunggu pemenang antara Miami Heat dan Boston Celtics. Kedua tim itu masih bertarung memperebutkan gelar juara Wilayah Timur dan satu tiket ke final NBA. Saat ini Heat masih memimpin 3-2 atas Celtics. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)