Tiga Fakta Menarik Sergino Dest, Bek Anyar Barcelona

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:00 WIB
loading...
Tiga Fakta Menarik Sergino Dest, Bek Anyar Barcelona
Tiga Fakta Menarik Sergino Dest, Bek Anyar Barcelona
A A A
BARCELONA - Barcelona telah resmi mengumumkan Sergino Dest sebagai pemain anyar mereka. Bek 19 tahun asal Amerika Serikat itu direkrut dari Ajax Amsterdam dan punya sederet fakta menarik.

Menurut pernyataan tertulis klub, Barcelona merekrut Dest dengan nilai 26 juta euro atau setara Rp453 miliar. Jumlah tersebut akan dituntaskan dalam dua kali pembayaran. (Baca Juga: Resmi, Barcelona Rekrut Bek Timnas Amerika Serikat Sergino Dest )

“FC Barcelona dan Ajax telah mencapai kesepakatan untuk transfer Sergiño Dest. Biaya operasinya adalah 21 juta euro ditambah 5 juta dalam variabel,” demikian pernyataan resmi Barcelona.

Punya dua Kewarganegaraan
Lahir di Almere, Belanda dari ibu asli warganegara setempat. Sedangkan ayahnya berasal Amerika Serikat. Sergino Dest punya dua kewarganegaraan.

Dia pernah membela timnas kedua negara di level junior. Dest mendapatkan panggilan dari Timnas U-15 Belanda sebelum akhirnya memutuskan membela negara ayahnya di level U-17 dan U-20.

Namun, ia lebih memilih Timnas Amerika Serikat dengan mencatat penampilan perdananya bersama tim senior, September 2020 lalu. (Lihat Grafis: Jose Mourinho dan Frank Lampard Bersitegang di Pinggir Lapangan )

Pemain AS Termahal Kedua setelah Christian Pulisic
Media Spanyol AS menyebutkan kepindahan Sergino Dest bisa membuat dirinya menjadi pemain termahal kedua asal Amerika Serikat. Dest hanya akan kalah dari Christian Pulisic yang diboyong Chelsea dari Borussia Dortmund dengan mahar sekitar 64 juta euro musim lalu.

Soal mahar sebesar 25 juta euro yang diberikan Barcelona, laman transfermarkt sebenarnya menilai itu kemahalan. Pasalnya si pemain hanya ditaksir memiliki nilai pasaran sebesar 18 juta euro saja.

Rekrutan pertama Ronald Koeman di Barcelona
Sergino Dest akan menjadi pemain rekrutan Ronald Koeman pertama di Barcelona. La Blaugrana sebenarnya sudah mendatangkan Trincao dan Pedri pada bursa transfer musim ini, namun kesepakatan transfer kedua pemain itu terjadi di era sebelum Koeman menjabat sebagai pelatih Barcelona.

Sebelumnya Barcelona gagal mendatangkan gelandang Donny van de Beek yang juga menjadi incaran Ronald Koeman. Si pemain lebih memilih bergabung dengan Manchester United ketimbang terbang ke Barcelona.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3754 seconds (0.1#10.140)