Delapan Tim Esports Pelajar dan Mahasiswa Perebutkan Gelar Juara

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 13:30 WIB
loading...
Delapan Tim Esports Pelajar dan Mahasiswa Perebutkan Gelar Juara
Sebanyak delapan tim esports yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia melaju ke Grand Final Piala Menpora Esports 2020 AXIS memperebutkan trofi juara dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Grand final akan berlangsung pada 3 & 4 Oktober in
A A A
JAKARTA - Piala Menpora Esports 2020 AXIS memasuki fase puncaknya. Sebanyak delapan tim esports yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia melaju ke Grand Final Piala Menpora Esports 2020 AXIS memperebutkan trofi juara dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Grand final akan berlangsung pada 3 & 4 Oktober ini.

Kejuaraan olahraga elektronik tingkat nasional untuk kalangan pelajar SMP, SMA, dan perguruan tinggi itu digelar secara daring tanpa melibatkan kehadiran fisik peserta. Delapan tim yang akan bertanding yaitu MAN 3 Palembang, Universitas Gunadarma Jakarta, Universitas Udayana Denpasar, SMAN 1 Bintan Utara, Binus University Jakarta, Telkom University Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan SMA Institut Indonesia Semarang. (Baca juga: Los Angeles Lakers Rebut Game Kedua Final NBA 2020 )

Ketua Penyelenggara Piala Menpora Esports 2020 Giring Ganesha mengapresiasi antusiasme para peserta yang sangat besar. Pada Grand final ini, delapan tim terbaik didapat dari total 3.141 tim atau terdiri dari 15.705 peserta yang mendaftar dan berkompetisi selama keberlangsungan Piala Menpora Esports 2020 dua bulan terakhir. (Baca juga: Tentang LeBron, Davis, dan Rondo Usai Lakers Pecundangi Miami Heat )

“Sesuai tujuan awal untuk mewadahi talenta-talenta muda esports dari seluruh Indonesia, kami gembira dengan fakta bahwa jumlah peserta Piala Menpora Esports bisa mencapai lebih dari 15 ribu orang dan berasal berbagai daerah. Ini bukti potensi kita di esports sangat besar dan mereka yang berhasil melaju ke grand final adalah tim-tim terbaik,” ujar Giring Ganesha dalam jumpa pers yang digelar melalui aplikasi Zoom, Sabtu (3/10).

Giring menjelaskan grand final yang digelar selama dua hari nanti akan menjadi penentu tim esports yang berhak mengangkat trofi juara. Total prize pool yang disiapkan untuk para pemenang mencapai sebesar Rp 150 juta.

"Salah satu hal yang terpenting dari Piala Menpora Esports adalah proses regenerasi untuk melahirkan atlet-atlet baru. Apalagi ada banyak tim-tim esports profesional yang melakukan talent scouting dari sini. Kita harapkan anak-anak muda ini terus berkembang dan menjadi atlet yang bisa membawa prestasi untuk Indonesia di masa mendatang," ucap Giring.

Babak Grand Final Piala Menpora Esports 2020 AXIS akan berlangsung dalam format double elimination; dengan empat tim berada di upper bracket dan empat tim lainnya berada di lower bracket. Tim yang kalah di upper bracket akan turun ke lower bracket dan memiliki satu kali lagi kesempatan untuk maju ke babak berikutnya.

Selain berebut gelar juara, para pemain yang bertanding juga berjuang memperebutkan titel Most Valuable Player (MVP) dan Top Kill Player. Untuk menjadi dinobatkan MVP pemain harus lebih banyak meraih MVP di kualifikasi kloter, dengan angka kill paling banyak dan death paling sedikit serta assist paling banyak. Sementara Top Kill Player adalah pemain dengan kill paling banyak sepanjang turnamen.

Sementara itu Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto menegaskan bahwa Piala Menpora Esports 2020 AXIS merupakan bagian dari rangkaian upaya pemerintah dalam memajukan ekosistem esports di Indonesia. Ia berharap dari ajang ini akan lahir atlet-atlet esports yang bisa meraih prestasi yang lebih tinggi di kancah dunia.

“Bahwa proses pembinaan atlet itu harus dilakukan berkesinambungan. Kalau mau prestasi, kita tidak boleh kekurangan atlet. Melalui Piala Menpora Esports kita harapkan juga terjadi sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak di ekosistem esports dalam upaya mencetak atlet-atlet yang siap berprestasi,” ujarnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)