Prancis Terbuka 2020 Pastikan Ada Juara Baru di Tunggal Putri

Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:35 WIB
loading...
Prancis Terbuka 2020 Pastikan Ada Juara Baru di Tunggal Putri
Langkah Simona Halep yang menjadi unggulan pertama di Prancis Terbuka 2020 terhenti. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Tunggal putri Prancis Terbuka dipastikan memiliki juara baru tahun ini. Pasalnya, satu-satunya petenis tersisa yang mengoleksi gelar grand slam, Simona Halep, juga tersingkir dari turnamen tanah liat tersebut.

Padahal Halep sebenarnya digadang-gadang sebagai favorit terbesar untuk menjadi juara di Prancis Terbuka 2020. Apalagi dia pernah merengkuh gelar juara pada 2018 lalu. Sayangnya, unggulan pertama itu tak mampu mengulanginya setelah takluk dari petenis non-unggulan dari Polandia Iga Swiatek 1-6, 2-6 di babak keempat di Philippe Chartier, Minggu (4/10) malam. (Baca: Hidatah Adalah Mengetahui Kebenaran)

“Dia (Swiatek) bermain luar biasa dan ada di mana-mana, serta memukul semua bola dengan sangat kuat. Ini agak sulit, dan saya tidak bisa bermain yang terbaik. Tapi, dia memang bermain sangat baik, dan itu adalah pertandingannya,” kata Halep dilansir wtatennis.

Sebelum turnamen berlangsung, ada lima petenis yang pernah merasakan gelar juara tampil di Prancis Terbuka 2020. Selain Halep, ada Serena Williams (2002, 2013, 2015), Garbine Muguruza (2016), dan Jelena Ostapenko. Ketiganya juga sudah tersingkir lebih dulu setelah kalah dari lawan-lawannya, khususnya Serena yang berakhir dengan cedera otot tumit.

Bagi Halep, kekalahan ini mengakhiri kemenangan 17 pertandingan secara beruntunnya dan gagal menggeser Ashleigh Barty sebagai petenis nomor satu dunia. Meski kecewa, dia mengaku puas dengan performanya sepanjang tahun ini. “Ini adalah tahun fantastis dengan semua momen sulit. Jadi, saya tidak ingin merusaknya karena sebuah pertandingan,” ujarnya. (Baca juga: Kejam! RUU Ciptaker Hilangkan Cuti Haid dan Melahirkan Pekerja Perempuan)

Bagi Swiatek, ini merupakan pencapaian luar biasa untuk pertama kalinya melangkah ke perempat final di ajang grand slam. Bahkan, petenis berusia 19 tahun itu juga terkejut bisa mengalahkan Halep yang sempat menghajarnya habis-habisan dengan hanya mendapatkan satu game saja di babak yang sama Prancis Terbuka musim lalu.

“Saya sangat fokus untuk keseluruhan pertandingan, bahkan saya terkejut bisa melakukan itu. Musim lalu, saya belum cukup berpengalaman. Itu pertandingan pertama saya di stadion besar. Sejak itu, saya telah memainkan beberapa pertandingan besar, dan sekarang saya bisa mengatasi tekanan,” ujarnya.

Kemenangan meyakinkan tersebut mengantarkan Swiatek membukukan satu tempat di perempat final Prancis Terbuka 2020. Di laga berikutnya, petenis berperingkat 54 dunia ini akan melawan petenis kualifikasi asal Italia, Martina Trevisan, yang tampil solid dengan menumbangkan unggulan kelima asal Belanda Kiki Bertens 6-4, 6-4.

Meski Swiatek berhasil menyingkirkan Halep, dia tidak dijagokan sebagai juara Prancis Terbuka. Justru petenis asal Ukraina Elina Svitolina sekarang menjadi yang paling berpeluang besar untuk bisa memenangkan gelar grand slam tersebut. Pasalnya, unggulan ketiga ini menjadi satu-satunya petenis berada di peringkat lima besar dunia yang tersisa di Roland Garros. (Baca juga: Fadli Zon Ajak Presiden Jokowi Merenung)

Tidak hanya itu, Svitolina tampil apik di empat pertandingan pertamanya. Dia belum kehilangan satu set pun, termasuk mengalahkan petenis tuan rumah Caroline Garcia 6-1, 6-3 untuk merebut tiket ke perempat final. Namun, petenis berusia 26 tahun ini tidak ingin terlalu memikirkan hal tersebut. Dia hanya ingin berusaha bermain baik di setiap pertandingannya.

Pada laga berikut, Svitolina akan menghadapi petenis kualifikasi asal Argentina Nadia Podoroska yang melaju seusai menyingkirkan Barbora Krejcikova (Republik Ceko) 2-6, 6-2, 6-3. Pertemuan ini akan menjadi yang pertama kalinya di atas lapangan. Meski diunggulkan, Svitolina tetap akan waspada menghadapi lawannya tersebut. (Lihat videonya: 5 Negara dengan Angkatan Udara Paling Digdaya di Dunia)

“Saya pikir pelatih akan memberi banyak informasi untuk pertandingan ini. Tapi yang pasti, jika dia (Podoroska) melangkah sejauh itu (perempat final), dia pasti memiliki permainan yang bagus,” ungkapnya. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)