Wow, Harga Van Dijk Setara Empat Pemain Termahal Ajax

Rabu, 21 Oktober 2020 - 15:14 WIB
loading...
Wow, Harga Van Dijk Setara Empat Pemain Termahal Ajax
Juergen Klopp saat memberikan keterangan jelang melawan Ajax Amsterdam/Foto/Liverpool.com
A A A
AMSTERDAM -

AMSTERDAM - Pelatih Liverpool Juergen Klopp menyebut Ajax Amsterdam sebagai tim yang berbeda dalam filosofi transfer mereka. Ini terlihat dari aktivitas transfer yang dilakukan dengan mendatangkan pemain berpengalaman dari Eropa. Kekuatan itu digabungkan dengan pemain muda yang masih menjadi bagian dari sistem pengembangan sepak bola di Ajax.

Kombinasi pemain pengalaman dan muda tersebut membuat Ajax berhasil menguasai Eredivisie dan melangkah ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019 dengan menyingkirkan Juventus. Tapi, langkah pasukan Erik ten Hag kemudian dihentikan wakil Inggris Tottenham Hotspur.

"Ajax sedikit mengubah filosofi mereka mendatangkan beberapa pemain berpengalaman. Ada (Daley) Blind, (Dusan) Tadic, (Quincy) Promes, (Davy) Klaassen mereka dapatkan kembali dari Bremen. Mereka adalah pemain yang bermain di awal karier di Ajax, kemudian mencampurnya dengan banyak pemain bakat yang sangat muda dan menarik," kata Klopp dikutip situs resmi klub.

Hanya saja, Klopp mungkin harus melihat bagaimana anggaran transfer yang dilakukan Ajax sebenarnya tidak pernah berubah; Mendatangkan pemain muda, murah untuk kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Lihat saja daftar pemain termahal yang dimiliki Ajax, tidak pernah ada yang lebih dari 30 juta euro.

Baca: Kekhawatiran Terbesar Liverpool adalah Van Dijk

Posisi pemain termahal Ajax ditempati David Neres yang didatangkan dari Sao Paulo dengan banderol 22 juta euro. Transfer itu dilakukan pada musim 2016/2017. Jika dibandingkan dengan pemain termahal Liverpool yaitu Virgil van Dijk yang didatangkan dari Southampton akan terasa sangat jauh. Van Dijk ditransfer dengan nilai 84,65 juta euro. Artinya, harga Van Dijk hampir empat kali lipat bandero Neres. Bahkan, jika ditarik ke dalam transfer termahal Liverpool sepanjang masa, nama Neres hanya akan menempati peringkat 18, sedikit di atas Robbie Keane yang diboyong The Reds dari Tottenham Hotspur pada musim 2008/2009.

Karena itu, pertemuan Ajax dan Liverpool di Johan Cruijff Arena, dini hari nanti, bisa dianggap perbandingan David vs Goliath, meski Van Dijk tidak bermain. Selain tanpa Van Dijk, Liverpool tak bisa menurunkan Thiago Alcantara dan Joel Matip ditambah Alisson Becker. "Apa yang mereka lakukan dengan sistem pemain muda luar biasa. Mereka mendatangkan pemain-pemain top, menjual dengan banyak uang di seluruh dunia dan kemudian yang berikutnya sudah sejalan. Ini adalah klub yang sensasional dengan filosofi yang luar biasa, dengan pelatih kelas dunia dan bakat kelas dunia," tandas Klopp.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)