Korban Jadwal Padat, Sejumlah Pemain Eropa Terkapar karena Cedera

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 12:35 WIB
loading...
Korban Jadwal Padat, Sejumlah Pemain Eropa Terkapar karena Cedera
Gelandang Man City Ferdinho mengalami cedera saat bertanding melawan Porto di Etihad Stadium, Manchester. Foto/Reuters
A A A
MANCHESTER - Padatnya jadwal pertandingan kompetisi Eropa baik di level klub maupun tim nasional benar-benar berdampak negatif bagi para pemain. Bukan sekadar terkuras stamina, satu per satu dari mereka mulai terkapar karena cedera.

Terbaru, kabar kurang mengenakkan datang dari raksasa Liga Primer, Manchester City (Man City). Bukannya mereda, badai cedera The Citizens justru semakin parah. Kemenangan 3-1 atas FC Porto di fase Grup C Liga Champions di Etihad Stadium, Kamis (22/10/2020), kembali memakan korban, kali ini Fernandinho. (Baca: Inilah Dua Keutamaan dari Sikap Istiqamah)

Masuk pada menit ke-85 menggantikan Rodrigo Hernandez, Fernandinho justru kembali ditarik keluar pada menit ke-90+3 karena mengalami cedera kaki. Berdasarkan pemeriksaan tim dokter, gelandang Brasil tersebut diperkirakan harus menepi selama enam minggu.

Absennya Fernandinho membuat Pelatih Pep Guardiola meradang. Maklum, sebelumnya Man City telah kehilangan Kevin de Bruyne, Gabriel Jesus, Nathan Ake, Benjamin Mendy hingga Aymeric Laporte. Hal itu membuat Guardiola kesulitan meracik komposisi tim terbaik di tengah jadwal padat yang menanti.

Setelah Porto, berturut-turut The Citizens melakoni tiga pertandingan sekaligus Liga Primer dan Liga Champions, pada pengujung Oktober, yakni melawan West Ham United, Sabtu (24/10/2020), Olympique de Marseille, Rabu (28/10/2020), dan Sheffield United, Sabtu (31/10/2020).

Kabar baiknya, De Bruyne dan Laporte diperkirakan telah kembali berlatih pada Kamis (22/10/2020) tetapi belum jelas, apakah mereka akan siap untuk pertandingan kontra West Ham atau tidak. (Baca juga: Hari Santri, Pemerintah Harus Berpihak dan Hadir Bukan Sekedar Selebrasi)

“Cedera Fernandinho adalah kabar buruk. Saya pikir dia empat hingga enam minggu keluar. Itu pukulan besar bagi kami dengan jumlah pertandingan ini dan tidak adanya beberapa pemain penting, Tapi memang begitulah adanya,,” keluh Guardiola, dilansir BBC.

Selain Man City, klub elite Primera Liga, Real Madrid, juga terpukul lantaran kapten sekaligus bek andalannya, Sergio Ramos, mengalami cedera lutut saat Los Blancos dikalahkan klub promosi Cadiz 0-1 di Primera Liga, Sabtu (17/10/2020). Untungnya, Ramos diperkirakan bisa kembali merumput pada pertandingan El Clasico melawan Barcelona, Sabtu (24/10/2020).

Kondisi Ramos sedikit lebih baik ketimbang rekan setimnya, Martin Odegaard. Dia harus absen minimal dua hingga tiga minggu karena masalah otot betis yang muncul saat pertandingan internasional bersama Norwegia.

Playmaker berusia 21 tahun itu tampil dalam tiga pertandingan selama jeda internasional, yakni melawan Serbia di kualifikasi Piala Eropa 2020 (9/10/2020) serta dua pertandingan Nations League kontra Rumania (11/10/2020) dan Irlandia Utara (15/10/2020). (Baca juga: Konsumsi Kedelai Bisa Mengurangi Resiko Terkena Kanker)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)