Statistik Menarik GP Teruel, Dominasi Honda hingga Hasil Buruk Mir

Minggu, 25 Oktober 2020 - 14:30 WIB
loading...
Statistik Menarik GP Teruel, Dominasi Honda hingga Hasil Buruk Mir
Pembalap Suzuki Alex Rins, rider LCR Honda Idemitsu Takaaki Nakagami, dan jagoan Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli. dok MotoGP
A A A
ARAGON - Kualifikasi GP Teruel di MotorLand Aragon kembali memunculkan kejutan setelah Takaaki Nakagami meraih pole position. Rider LCR Honda Idemitsu itu mencatatkan waktu 1 menit 47,782 detik.

Ini merupakan pole position pembalap asal Jepang itu di kelas MotoGP . Padahal, spesifikasi motor yang digunakannya hanya Honda RC213V 2019 atau motor yang digunakan Marc Marquezmusim lalu.

Baca juga : Kabar Terbaru Marc Marquez, Absen Hingga Akhir Musim

Meski demikian, Nakagami mampu mengasapi pembalap Yamaha Franco Morbidelli di posisi kedua dan rider Suzuki Alex Rins yang memulai dari grid ketiga. Balapan ini akan menjadi ujian konsistensi penampilannya sejak awal musim. Tidak hanya kejutan Nakagami, berikut 10 catatan statistik yang menjadi acuan jika GP Teruel nanti akan berjalan menarik.

1. Pole Position Perdana Nakagami
Ini menjadi kali pertama pembalap Jepang itu start dari posisi terdepan sejak menjalani debutnya di MotoGP pada musim 2018 lalu. Itu juga menjadi pole position pebalap Jepang sejak Makoto Tamada berada di posisi terdepan pada GP Valencia 2004.

2. Nakagami Memburu Sejarah
Target tinggi dibidik Nagakami. Dia ingin menjadi pembalap Jepang pertama yang naik podium di MotoGP sejak Katsuyuki Nakasuga berada di urutan kedua di Valencia pada 2012.

3. Honda Dominasi Pole di Aragon
Pencapaian Nakagami membuat Honda mendominasi pole position di MotorLand Aragon dengan tujuh kali. Sebelumnya Casey Stoner start terdepan pada 2011 kemudian Marc Marquez (2013, 2014, 2015, 2016, dan 2019).

4. Kualifikasi Terbaik Johann Zarco
Johann Zarco menjadi pembalap Ducati dengan hasil kualifikasi terbaik dan memulai balapan di posisi kelima. Ini merupakan pemcapaian terbaiknya sejak finis di urutan ketiga pada GP Styria meski memulai dari pitlane.

5. Fabio Quartararo Absen dari Barisan Depan
Untuk kedua kalinya setelah GP Styria, pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo absen dari barisan terdepan pembalap. Saat itu, dia start dari posisi ke 10.

6. Kualifikasi Buruk Mir
Pemimpin klasemen sementara Joan Mir harus memulai balapan dari posisi ke 12. Ini merupakan hasil kualifikasi terburuk keduanya musim ini setelah GP Prancis di mana dia memulai balapan dari urutan ke-14.

7. Andrea Dovizioso Melempem
Pembalap Ducati itu start dari urutan ke-17, menyamai hasil kualifikasi terburuk keduanya sejak menjalani debut di MotoGP. Sebelumnya, di Brno, dia tercecer di posisi ke-18.

8. Front Row Pertama Suzuki sejak 2016
Posisi ketiga Alex Rins menjadi start pertama Suzuki di barisan depan sejak Maverick VInales mencatatkannya pada 2016 lalu. Sementara bagi Rins, ini adalah start dari barisan depan ketiga setelah di Valencia (2018) dan Assen (2019).

9. Tiga Polesitter Start Terdepan
GP Teruel mencatatkan tiga polesitter di front row setelah Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) mencatatkannya di GP Austria, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di Catalan GP dan Nakagami di GP Teruel. Ini merupakan yang pertama sejak 2013 lalu lewat Marc Marquez (Tim Repsol Honda), Stefan Bradl dan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol).

10. Honda Mengakhiri Paceklik Pole Position
Ini merupakan pole pertama Honda sejak Marc Marquez melakukannya Jepang tahun lalu. Keberhasilan Nakagami mengakhiri puasa pole terpanjang dalam sejarah Honda sejak mereka kembali ke kelas utama pada 1982.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)