Empat Rider Ini Potensial Rebut Mahkota Marc Marquez

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:26 WIB
loading...
Empat Rider Ini Potensial Rebut Mahkota Marc Marquez
Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir (kanan) bersama rider Yamaha Petronas SRT Fabio Quartararo (kiri). dok MotoGP
A A A
ARAGON - Marc Marquez hampir pasti absen hingga akhir musim MotoGP 2020. Juara bertahan itu masih dalam proses pemulihan usai menjalani operasi patah lengan. Tim Repsol Honda enggan ambil risiko memaksakan pembalapnya turun pada dua seri terakhir di GP Valencia dan GP Portugal.

Situasi ini membuat persaingan dalam perburuan gelar juara dunia semakin ketat. Ini berarti, 15 rider yang silih berganti naik podium masih berpeluang mengudeta Marquez dari posisinya sebagai juara bertahan dalam tiga musim terakhir.

Baca juga Kabar Terbaru Marc Marquez, Absen Hingga Akhir Musim

Hingga 10 seri yang sudah digelar, ada empat rider yang paling berpeluang mengakhiri musim sebagai juara dunia. Mulai dari Joan Mi r yang kini menempati peringkat teratas klasemen sementara pembalap dengan 121 poin.

Meski belum pernah meraih kemenangan, rider Suzuki Ecstar itu tampil konsisten sepanjang musim dengan lima kali naik podium. Kombinasi gahar motor GSX-RR dan ketenangan Mir di lintasan menjadi senjata utama sehingga perolehan poinnya unggul 6 angka dari Fabio Quartararo di posisi kedua dengan 115 poin.

Padahal, rider Petronas Yamaha SRT itu sudah mencatatkan tiga kemenangan musim ini. Untuk bisa memastikan gelar di akhir musim, pembalap asal Prancis itu harus menjaga konsistensi tidak hanya dalam kualifikasi namun juga saat balapan. Sejauh ini, Quartararo tercatat sudah dua kali gagal mendulang angka termasuk pada GP Aragon pekan lalu.

Di tempat ketiga ada pembalap andalan pabrikan Yamaha, Maverick Vinales . Tidak jarang mencatatkan pole position, pembalap asal Spanyol itu justru lebih sering gagal bersaing dalam balapan.

Vinales kini mengoleksi 109 poin. Kendati terpaut 12 angka dari Joan Mir, mantan pembalap Suzuki itu masih berpeluang besar keluar sebagai juara akhir musim ini. Apalagi, Yamaha memilih fokus untuk membawa pembalapnya meraih gelar juara dunia pada empat seri tersisa.

“Saya akan coba tampil cepat sejak awal dan tim sudah mempersiapkan diri dengan baik. Ekspektasi kami cukup tinggi, dan saya yakin bisa mendapat hasil baik di balapan nanti,” kata Vinales dilansir laman Yamaha.

Sementara, Andrea Dovizioso yang pada awal musim digadang-gadang menjadi juara dunia justru tampil inkosisten. Sepanjang musim, pembalap Italia itu baru dua kali naik podium di Spanyol dan Austria. Saat ini, di dalam urutan keempat perburuan gelar juara dunia dengan 106 poin atau terpaut 15 poin dari Joan Mir.

Dengan empat seri tersisa termasuk GP Teruel nanti malam, masih ada 100 poin yang diperebutkan para rider. Selisih angka tipis membuat para pembalap harus tampil konsisten mengingat empat balapan sisa sangat kruasial.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5016 seconds (0.1#10.140)