Menang 60 Ronde Kalah 2 Ronde Rekor Khabib Nurmagomedov

loading...
Menang 60 Ronde Kalah 2 Ronde Rekor Khabib Nurmagomedov
Menang 60 Ronde Kalah 2 Ronde Rekor Khabib Nurmagomedov/The Sun
ABU DHABI - Khabib Nurmagomedov pensiun dengan rekor sebagai juara tidak terkalahkan dalam karir emasnya di UFC. Petarung Rusia berjuluk The Eagle atau Sang Elang itu mencatat prestasi 29-0 dan 13 kemenangan beruntun.

Prestasi tersebut mengantarkan The Eagle menjadi Greates of All Time (GOAT) UFCdan petarung pound-for-pound (P4P) Terbaik. Selama mencatat rekor 29-0, Khabib telah menjalani 60 ronde dan hanya 2 ronde kalah dalam hitungan angka.

Khabib Nurmagomedov asal Dagestan itu menutup karir emasnya setelah mengakhiri perlawanan juara sementara Kelas Ringan Justin Gaethje dengan triangle choke saat ronde kedua tersisa satu menit dan 34 detik di Figth Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (24/10) malam lalu.

Baca Juga: GSP Tak Pernah Berani Duel Lawan Khabib Nurmagomedov!



Khabib, 32, kemudian mengumumkan pengunduran dirinya yang mengejutkan segera setelah kemenangan. Dia mengungkapkan bahwa dia berjanji kepada ibunya bahwa dia tidak akan bertarung tanpa bimbingan ayahnya Abdulmanap, yang meninggal pada Juli lalu. Kemenangan atas Gaethje memperkuat klaimnya atas gelar seniman bela diri campuran terhebat sepanjang masa, dengan banyak termasuk presiden UFC Dana White percaya dia adalah yang terbaik yang pernah melakukannya.

Khabib mengukir 29-0 tidak pernah kalah - tetapi menyelesaikannya bahkan tanpa pernah benar-benar diuji. Faktanya, 'The Eagle' hanya kalah dua ronde dari 60 ronde sepanjang karirnya - dengan salah satunya terjadi tadi malam melawan Gaethje. Khabib kalah hitungan angka di ronde pertama. Gaethje yang dijuluki 'The Highlight', 31, unggul ketat 10-9 oleh juri Sal D'Amato dan Ben Cartlidge dan Derek Cleary mencetak angka yang sama untuk Khabib.

Baca Juga:Gaethje Bongkar Khabib Nurmagomedov Seharusnya Kalah Tahun 2021



Satu-satunya babak lain yang diturunkan Nurmagomedov adalah yang ketiga melawan Conor McGregor di UFC 229. Tapi Khabib tidak pernah benar-benar dalam bahaya, mengalahkan saingan Irlandia-nya di babak berikutnya. Dengan emosi yang mengalir setelah tahun yang tragis pada tingkat pribadi, Khabib mengejutkan dunia dengan mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga. Dia memberi tahu Jon Anik di oktagon: "Hari ini, saya ingin mengatakan ini adalah pertarungan terakhir saya.’’

’’Ketika UFC menelepon saya tentang Justin, saya berbicara dengan ibu saya dan saya berkata saya tidak akan bertarung tanpa ayah.’’
(aww)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top