Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga

Kamis, 29 Oktober 2020 - 03:03 WIB
loading...
Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga
Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga. Foto: La Liga
A A A
MADRID - Nomor punggung 1 identik dengan kiper utama dalam tim sepak bola. Begitupun di Liga Spanyol (La Liga), terdapat sejumlah kiper top yang menyandang nomor keramat tersebut.

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, termasuk dari bagian tersebut,. Dia pertama kali menyandang nomor keramat itu musim ini. Sebelumnya, pemain asal Belgia itu selalu menggunakan nomor 13, tetapi ia telah membuktikan kemampuannya dengan membantu Real Madrid memenangkan gelar pada musim 2019/20.

Di Barcelona, pemain yang mengenakan No.1 juga sedang dalam performa terbaiknya, yaitu Marc- André ter Stegen. Pemain asal Jerman itu tidak hanya menampilkan keahliannya dalam bertahan selama enam tahun di LaLiga Santander, tapi ia juga memperlihatkan kemampuannya dalam memberi umpan. (Lihat Grafis: Murka Pogba Jawab Rumor Dia Mundur dari Timnas Prancis )

Pada musim 2019/20, ter Stegen bahkan mencatatkan dua assist di LaLiga Santander dengan memberi umpan untuk gol Luis Suárez saat melawan Getafe dan Antoine Griezmann saat melawan Mallorca.

Tidak hanya klub besar LaLiga Santander yang memiliki talenta dengan nomor punggung 1. Sergio Asenjo di Villarreal dan Rui Silva di Granada sudah mencatatkan 100 penyelamatan gawang pada musim 2019/20. Sementara itu, Unai Simón telah bermain dengan baik bagi Athletic Club hingga dipanggil oleh Luis Enrique dalam dua pertandingan terakhir Tim Nasional Spanyol.

Sepuluh legenda LaLiga yang mengenakan No.1
Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga

Hampir semua kiper terbaik dalam sejarah LaLiga menggunakan No.1 di punggungnya pada suatu masa dalam karirnya. Beberapa pemain lebih memilih alternatif lain seperti No.13 dan Ricardo Zamora, yang mungkin menjadi kiper terbaik LaLiga sepanjang masa, dan yang namanya digunakan untuk Trofi Zamora , menyelesaikan karirnya sebelum nomor punggung diperkenalkan oleh LaLiga pada tahun 1947. Namun, mayoritas kiper terbaik dalam sepak bola Spanyol telah mengenakan No.1 dengan bangga.
Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga

No.1 milik Real Madrid menjadi salah satu yang paling prestitus di liga dan telah dikenakan oleh beberapa legenda seperti Paco Buyo dan Iker Casillas. Dua kiper asal Spanyol itu telah memainkan lebih dari 1.000 pertandingan di kasta teratas, di mana Buyo berada di posisi kelima dalam daftar penampilan sepanjang masa LaLiga Santander dengan 542 penampilan, dan Casillas berada di posisi ketujuh dengan 510 penampilan.

Pemimpin dalam daftar penampilan liga adalah Andoni Zubizarreta, yang telah memainkan 622 pertandingan kasta tertinggi selama berkarir dengan Athletic Club, Barcelona, dan Valencia. Ia dikenang oleh setiap klub yang ia bela, terutama Athletic Club di mana ia menjadi kiper dalam tim juara liga beruntun pada tahun 1980-an dan di Barcelona saat ia menjadi kiper bagi Dream Team asuhan Johan Cruyff saat Barça akhirnya menjuarai Piala Eropa perdana di tahun 1992.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Trofi Zamora merupakan penghargaan yang diberikan kepada kiper dengan catatan kebobolan paling sedikit dalam semusim dan beberapa dari 10 legenda tersebut telah memenangkan penghargaan tersebut beberapa kali. Victor Valdés telah memenangkan lima penghargaan saat bersama Barcelona, sementara itu, Santiago Cañizares mendapatkannya empat kali untuk penampilannya bersama Celta Vigo dan Valencia.
Para Kiper Penyandang Nomor Punggung Keramat di La Liga

Ikon penting lainnya yang pernah mengenakan No.1 selama karirnya di LaLiga adalah Miguel Reina, ayah dari Pepe Reina dan seorang kiper hebat, Thomas N’Kono, yang telah dinominasikan sebagai salah satu dari 10 kiper terbaik sepanjang masa oleh France Football, dan Monchi, yang menghabiskan seluruh karir sebagai pemain di Sevilla sebelum akhirnya menjadi legenda klub sebagai direktur olahraga.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)