Banyak Kehilangan Pemain Tua Bikin Barca Tidak Konsisten?

Minggu, 01 November 2020 - 22:11 WIB
loading...
Banyak Kehilangan Pemain Tua Bikin Barca Tidak Konsisten?
Lionel Messi dan Antoine Griezmann saat melawan Alaves./foto/barcelona
A A A

BARCELONA - Di luar permasalahan teknis di lapangan, sinyal krisis Barcelona sejatinya telah terjadi saat Ronald Koeman menggantikan Quique Setien 19 Agustus lalu. Ketika itu, pelatih asal Belanda tersebut secara mengejutkan mempersilahkan pilar senior Blaugrana macam Ivan Rakitic, Arturo Vidal dan Luis Suarez pergi. Mereka dilepas karena dianggap sudah mulai menua dan tak masuk rencana Koeman.

Keputusan tersebut konon membuat Lionel Messi kecewa kepada Koeman dan sempat meminta untuk dilego, mengikuti tiga rekannya, di bursa transfer musim panas lalu, meski akhirnya memilih bertahan di Barca. Perseteruan sang kapten dengan Koeman diyakini membuat harmonisasi ruang ganti terganggu.

Dilepasnya Rakitic, Vidal dan Suarez membuat keseimbangan Barca bergoyang. Ketiga pemain tersebut merupakan bagian penting kesuksesan klub meraih kesuksesan di level domestik maupun Eropa dalam beberapa musim terakhir. Akibatnya, Barca harus memulai membangun kekuatan baru di lini tengah bersama Frenkie de Jong, Philippe Coutinho, hingga Miralem Pjanic. Selain itu, Aktivitas bursa transfer Blaugrana musim panas lalu turut memberikan pengaruh atas performa negatif mereka.

Lini depan tim meninggalkan lubang cukup besar pasca kepergian Luis Suarez ke Atletico Madrid. Koeman sebenarnya menginginkan Memphis Depay. Negosiasi berjalan cukup baik dengan Olympique Lyon. namun, pemain asal Belanda tersebut urung merapat ke Camp Nou karena Barca tidak mampu membayar transfer yang diinginkan Lyon. Praktis di skuad, hanya Messi dan Grizmann saja yang menyakinkan. Sedangkan Dembele Fati hingga Martin Braithwaite cenderung angin-anginan.



Permasalahan lainnya adalah lini belakang Barca keropos. Blaugrana telah kebobolan enam gol dalam empat pertandingan terakhir Primera Liga. Hal itu tidak terlepas dari cederanya beberapa pilar seperti penjaga gawang Marc-Andre Ter Stegen, Ronald Araujo dan Samuel Umtiti. Kehilangan Araujo dan Umtiti paling berpengaruh karena stok bek tengah Barca hanya menyisakan Gerard Pique dan Lenglet. Kabar baiknya, Ter Stegen dan Umtiti telah kembali berlatih. Kehadiran keduanya diharapkan membuat lini pertahanan Barca solid.

“Ter Stegen telah berlatih dengan grup sejak beberapa hari lalu, dia baik-baik saja tetapi dia masih memiliki sedikit untuk dimainkan. Saya berharap dia fit untuk bermain tapi tidak bagus untuk menentukan tanggal. Dia membutuhkan beberapa sesi latihan lagi untuk menjadi baik secara fisik tanpa masalah untuk bisa bermain," ungkap Koeman dilansir sportskeeda.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4398 seconds (0.1#10.140)