Ritual Unik Nadal di Lapangan Tenis, Normal atau Gejala OCD?

loading...
Ritual Unik Nadal di Lapangan Tenis, Normal atau Gejala OCD?
Rafael Nadal menempatkan dua botol berbeda dengan posisi tertentu di tanah. int
PARIS - Setiap olahragawan pasti memiliki cara unik dalam mempersiapkan permainannya sebelum bertanding. Hal itu ternyata juga dilakukan Rafael Nadal yang ternyata memiliki ritual tak biasa ketika memasuki ke lapangan tenis .

Petenis nomor dua dunia itu dikenal dengan kebiasannya berulang kali membersihkan lapangan bagian baseline sebelum menerima handuknya dari anak-anak bola (ball boy) selama pertandingan di atas tanah liat. Selain itu, dia juga menyesap (minum sedikit-sedikit) air dari dua botol berbeda, dan menempatkannya di posisi tertentu di tanah.

Baca juga : Respek Rafael Nadal, Sebut Roger Federer Atlet Terhebat

Selama bertahun-tahun, kebiasaan ini telah diperdebatkan. Apakah ritual tersebut hanyalah sebuah perilaku normal atau sesuatu yang lebih dari itu dengan beberapa di antaranya menyebut bentuk OCD ( Obsessive Compulsive Disorder ). Apalagi, Nadal tidak pernah melakukan klarifikasi dengan tindakannya itu.

Namun demikian, pengoleksi 20 gelar Grand Slam ini pun akhirnya angkat bicara saat wawancara ekstensif dengan surat kabar Italia Corriere Della Sera. Dia mengatakan bahwa dirinya tidak percaya takhayul atau apa yang biasa disebut sebagai ritual. Menurutnya, itu memang sudah kebiasaan yang dilakukannya sebelum bertanding.



“Saya tidak percaya takhayul. Jika percaya, saya pasti akan mengubah ritual di setiap menelan kekalahan. Saya bahkan tidak percaya ritual, karena hidup saya selalu berubah terus-menerus, dan sering bermain berbeda dengan saat latihan,” kata Nadal dilansir ubitennis.

Nadal sendiri akan kembali beraksi di Paris Masters, pekan ini. Ajang itu menjadi event pertamanya sejak menjadi juara di Prancis Terbuka dengan mengalahkan Novak Djokovic di final. Capaian itu sekaligus membuatnya merebut gelar ke 13 di Roland Garros dan gelar ke 20 di level Grand Slam untuk menyamai rekor Roger Federer sebagai peraih gelar terbanyak di ajang mayor. (raikhul amar)
(abr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top