Berpeluang Jadi Juara, Legenda MotoGP Puji Aksi Joan Mir

Selasa, 03 November 2020 - 16:05 WIB
loading...
Berpeluang Jadi Juara, Legenda MotoGP Puji Aksi Joan Mir
Joan Mir mendapatkan pujian dari legenda MotoGP Alex Criville lantaran taktik dan strateginya. Foto : Joan Mir Official
A A A
HAMAMATSU - Aksi menawan yang ditunjukkan Joan Mir mendapatkan pujian legenda MotoGP Alex Criville. Meski tak pernah tampil sebagai juara sepanjang musim ini, pembalap Suzuki Ecstar itu berpeluang jadi juara MotoGP 2020 setelah menduduki klasemen pembalap sementara.

Apa yang dialami Mir itu tak lepas dari strategi yang dipakai sejauh ini berjalan sangat efektif dan membuahkan hasil yang manis. Mir kini mendominasi perolehan angka dengan 137 poin atau unggul 14 angka dari peringkat kedua yang dihuni Fabio Quartararo ( Petronas Yamaha SRT ). (Baca juga : Joan Mir Tidak Butuh Menang untuk Jadi Juara Dunia MotoGP )

Menariknya, Mir dapat berdiri di puncak klasemen tersebut tanpa pernah merasakan kemenangan satu pun. Ia dapat berada di peringkat pertama lantaran mampu tampil konsisten dengan finis di posisi podium, baik itu di peringkat kedua atau pun ketiga. (Baca juga : Covid-19 Ganggu Konsentrasi Joan Mir dan Quartararo )

Mir adalah satu-satunya pembalap yang paling banyak berdiri di atas podium, yakni sebanyak enam kali, di ajang balap MotoGP di musim ini. Dengan jumlah tersebut, Mir berhasil mengumpulkan poin yang cukup banyak dan mampu membuatnya bertengger di peringkat pertama. (Baca juga : Di Balapan Sisa MotoGP 2020, Joan Mir Ubah Orientasi )

Keputusan Mir yang tak terlalu ngotot ketika balapan menjadi alasan rider asal Spanyol itu dapat meraih hasil yang maksimal. Sebab ketika dirinya tak yakin bisa memenangkan balapan, maka Mir hanya mencoba untuk mengincar posisi kedua dan ketiga. (Baca juga : Maverick Vinales Nyerah Kejar Raihan Poin Joan Mir )

Dapat menahan emosi agar tidak tampil ngotot jelas sangatlah baik untuk Mir. Sebab jika ia memaksakan posisi terdepan, namun dengan risiko kecelakaan yang amat besar, maka mungkin Mir takkan bisa berdiri di posisi puncak seperti sekarang ini. (Baca juga : Naik Podium Keenam Kali, Joan Mir: Seperti Juara! )

Strategi yang dipakai Mir itulah yang pada akhirnya membuat Crivelli merasa takjub. Ia percaya Mir bisa jadi memenangkan kejuaraan dunia MotoGP 2020 dengan tanpa pernah merasakan kemenangan satu kali pun. (Baca juga : Menyalip Quartararo Lebih Berisiko, Joan Mir: Saya Lebih Pilih Valentino Rossi )

“Dengan setiap balapan yang berlalu, saya semakin yakin bahwa strategi Joan Mir sangat efektif. Dia telah berhasil mengamankan podium baru, tanpa mengambil risiko lebih dari yang diperlukan,” ungkap Criville, mengutip dari Marca, Selasa (3/11/2020).

“Kini dia dapat meningkatkan kepemimpinan dengan selisih 14 poin melawan rival terdekatnya. Balapan yang sangat cerdas atas apa yang sudah dia lakukan,” tambah Criville.

Dengan balapan MotoGP 2020 tinggal menyisakan tiga seri lagi, maka kini peluang Mir untuk menjadi juara dunia di musim ini semakin dekat. Meski senang karena dapat terus tampil konsisten di podium, namun nyatanya Mir masih belum puas karena belum juga merasakan kemenangan di kelas MotoGP tersebut.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)