P1 Academy Digital Motorsport Indonesia, Wadah Baru Bagi Penggemar Balap

Rabu, 04 November 2020 - 10:04 WIB
loading...
P1 Academy Digital Motorsport Indonesia, Wadah Baru Bagi Penggemar Balap
Balap Virtual yang diadakan Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga / Foto: iNews.id/Fitradian Dhimas Kurniawan
A A A
JAKARTA - P1 Academy Digital Motorsport Indonesia (ADMI) resmi dibuka. Kegiatan yang diinisiasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu ditujukan untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap olahraga balap yang belakangan lesu akibat pandemi Covid-19.

Hingga kini tak terlihat kejuaraan balap yang diadakan di Indonesia. Sebagai gantinya, ajang balap virtual menggunakan simulator menjadi marak dan mulai mencuri perhatian publik. Bahkan ajang Formula 1 dan Formula E sampai pernah menggelar turnamen virtual sendiri.

Ketua P1 ADMI, Irvan Bahran berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah baru bagi penggemar olahraga balap. Tak hanya kalangan profesional, masyarakat pemula juga bisa menjajal olahraga baru ini.

"Olahraga ini berada di bawah naungan FIA (Federasi Otomotif Internasional). Jadi ini adalah olahraga baru,” kata Irvan Bahran kepada awak media, Selasa (3/11/2020). (Baca juga: Kesan Mario Aji Tampil di CEV Moto3 2020 )

Sebagai bentuk keseriusan, P1 ADMI telah mempersiapkan sembilan simulator balap. Masing-masing dilengkapi tiga monitor, kursi balap, steering-wheel, dan pedal set. (Baca juga: Kesan Mario Aji Tampil di CEV Moto3 2020 )

Sejumlah software pun disiapkan mulai dari Assetto Corsa, rFartor, dan Automobilista 2. Pada acara pembukaan, sejumlah jurnalis yang meliput diberi kesempatan menjajal asyiknya simulator balap ini. Dengan tema Jurnalis Race Day in Digital Motorsport, semua menjalani berbagai proses balap mulai sesi latihan, kualifikasi, hingga memulai lomba.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)