Belum Juga Bebas Corona, Rossi Terancam Digantikan Pembalap Superbike

Kamis, 05 November 2020 - 01:25 WIB
loading...
Belum Juga Bebas Corona, Rossi Terancam Digantikan Pembalap Superbike
Valentino Rossi terancam digantikan pembalap dari Superbike saat MotoGP 2020 dilanjutkan lagi setelah rehat. Ini karena hasil tes virus Corona tetap positif. Foto: autosport
A A A
VALENCIA - Valentino Rossi terancam masih absen saat MotoGP 2020 dilanjutkan lagi setelah rehat. Lantaran hasil tes virus Corona tetap positif, The Doctor kemungkinan besar tidak bisa mengikuti GP Eropa yang akan berlangsung akhir pekan nanti.

(Baca Juga: Operasi Otak Akibat Depresi, Messi Harapkan Maradona yang Terbaik )

Kabar kurang mengenakan itu didapat Rossi usai menjalani tes, pada Selasa (3/11/2020) kemarin. Meski demikian, peluang rider Monster Energy Yamaha itu untuk meramaikan GP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, belum sepenuhnya tertutup.

Jika Rossi mendapatkan hasil negatif saat melakukan tes virus Corona pada Rabu (4/11/2020) waktu setempat, ada kemungkinan pembalap asal Italia itu bisa menunggangi lagi kuda besinya. Tapi, itu juga tergantung hasil tes berikutnya.

“Rossi telah mengikuti tes PCR, Selasa 3 November, yang hasilnya positif. Namun, hari ini (Rabu 4 November) dia menjalani tes baru. Jika hasil tes di Italia negatif, dia masih punya cukup waktu untuk menyelesaikan tes PCR kedua yang diperlukan dan terbang ke Valencia,” jelas pernyataan Yamaha.

Rossi perlu melakukan tes lagi dan hasilnya harus tetap negatif agar dibolehkan ikut balapan. Sebab ada peraturan, dimana seseorang yang sudah terpapar virus Corona harus mendapatkan dua kali hasil negatif untuk mendapat lampu hijau.

“Peluang Rossi untuk ikut di GP akhir pekan ini masih belum pasti. Untuk diizinkan berkompetisi di GP Eropa, dia membutuhkan hasil tes negatif dari dua tes PCR yang dilakukan dengan selang waktu 48 jam, sesuai aturan FIM,” lanjut pernyataan Yamaha di laman resmi mereka.

Intinya, kans Rossi untuk tampil di GP Eropa 2020 masih ada, namun sangatlah kecil. Mungkin karena ini pula Yamaha memutuskan mencari pengganti untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pembalap berusia 41 tahun itu.

Menurut kabar terbaru, yang dipersiapkan untuk menemani Maverick Vinales saat GP Eropa adalah Garrett Gerloff. Pria asal Amerika Serikat itu merupakan pembalap superbike Yamaha yang tampil di kompetisi WorldSBK.

Namun, Gerloff hanya akan jadi cadangan dan baru akan diturunkan jika Rossi sudah dipastikan tidak bisa tampil di Valencia. Jadi, bukan Jorge Lorenzo yang akan dimainkan Yamaha meski statusnya adalah pembalap penguji.

(Baca Juga: Lolos Jebakan Lockdown Inggris, Kell Brook: Saatnya Guncang Las Vegas )

“Sebagai tindakan pencegahan, tim menunjuk pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff sebagai pembalap pengganti. Pembalap Amerika itu akan menggantikan Rossi jika tidak dapat memenuhi persyaratan dari dua hasil tes PCR negatif berturut-turut yang diperlukan agar diizinkan ambil bagian dalam GP Eropa mendatang,” tutup pernyataan Yamaha.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4281 seconds (0.1#10.140)