Gelora Bung Karno, Terpilih sebagai Stadion Favorit

Sabtu, 09 Mei 2020 - 11:28 WIB
loading...
Gelora Bung Karno, Terpilih sebagai Stadion Favorit
Kemegahan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat pembukaan Asian Games 2018. SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Poling yang digelar AFC, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan menyandang predikat venue terfavorit. Stadion GBK unggul dari sejumlah stadion di Asia Tenggara yang masuk nominasi. (Baca juga; Stadion Utama Gelora Bung Karno Masuk Nominasi Terbaik di ASEAN, Ini Alasannya )

Lewat laman resminya AFC mengumumkan GBK sebagai pemenang dengan perolehan 58% suara. Di posisi kedua ada Stadion Bukit Jalil (Malaysia) dengan 19%, an di tempat ketiga ada Stadion Australia dengan perolehan 11%.

Dalam poling tersebut, sebetulnya terdapat lima stadion yang jadi kontestan. Posisi keempat ada Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand dengan perolehan 8%. Kemudian Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam dengan perolehan suara 4%.

Stadion Gelora Bung Karno dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno untuk menyambut Asian Games 1962. Sumber dana serta desain pembangunan stadion kebanggaan Merah Putih itu datang dari Uni Soviet yang kala itu dipimpin Nikita Khrushchev.

Selain dianggap sebagai proyek mercusuar politik Soekarno di Asia, pembangunan Stadion Senayan yang belakangan dikenal dengan GBK, dianggap sebagai monumen persahabatan Indonesia dengan Uni Soviet. (Baca juga; Karena Alasan Ini, Real Madrid Akhirnya Batal Beli Pogba dari MU )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)